Ada Kemungkinan Bukan Urine Bupati Sabu

Selasa, 15 Maret 2016 – 13:21 WIB
Bupati OI AW Nofiadi saat dibawa ke bandara Palembang, terbang menuju Jakarta, Senin (14/3). Foto: Kris Samiadji/Sumeks/JPG

jpnn.com - PALEMBANG – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso memastikan akan memintai keterangan dokter yang menyatakan AW Nofiadi memenuhi syarat bebas narkoba untuk maju sebagai calon bupati. Pasalnya, ada dugaan mantan anggota DPRD Ogan Ilir yang memenangkan pilkada OI itu merupakan pengguna narkoba sejak sebelum maju sebagai calon bupati.

Dr dr Zulkhair Ali SpPD K-GH dari Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, menanggapi hal tersebut. Dia mengatakan, banyak tahapan medical check up (MCU) yang harus dilalui calon kepala daerah.

BACA JUGA: Para Pembunuh Pelajar Itu Satu Persatu Menyerahkan Diri

Mulai dari pemeriksaan urine, tes darah, THT, paru dan sebagainya. Namun, jika setelah pemeriksaan urine, calon dinyatakan lolos dan bersih dari indikasi narkoba, padahal dia sendiri pecandu, boleh jadi banyak hal sudah dilakukan jelang pelaksanaan MCU.

“Sebetulnya tidak bisa diketahui pasti. Artinya jika benar urine yang diperiksa adalah urine orang bersangkutan bisa terdeteksi jika benar positif pengguna narkoba,” katanya, seperti dikutip Sumeks.co.id (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Bawa Sabu 4,25 Kg, Dua Pemuda Ini Terancam Hukuman Mati

Hanya saja, dia menegaskan, kondisi ini juga bisa tergantung dari jenis obat yang dikonsumsi.

Jika obat yang dikonsumsi tidak tersimpan lama dalam tubuh, maka dalam beberapa hari bisa hilang bersama banyaknya urine yang keluar. Lain halnya obat dengan kadar yang tersimpan lama. Bisa  cepat terdeteksi meski beberapa hari tidak mengonsumsi.

BACA JUGA: Remaja Sakit Hati Akhiri Hidup Mbah Tarminah

Tak hanya itu, ada juga kadar obat yang menempel di kulit serta rambut. Hanya saja pemeriksaan itu tidak bisa dilakukan di Palembang, tapi di Jakarta dan bukan untuk kepentingan MCU. (tim/SE/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepergok Nyolong Hape, Wanita Muda Digebukin Warga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler