Agung Khawatir DPR Makin Sepi

Senin, 22 Desember 2008 – 20:29 WIB
JAKARTA – Masa kerja DPR RI periode 2004-2009 tinggal beberapa bulan lagi, namun beragam rancangan undang-undang belum terselesaikan dan masih perlu pembahasan lebih lanjutSayangnya, menjelang pelaksanaan Pemilu legislatif suasana gedung DPR makin sepi

BACA JUGA: 2009, Konglomerasi Lahan HTI Dibatasi



Bahkan Ketua DPR Agung Laksono mengkhawatirkan kondisi rapat-rapat di DPR akan makin sepi akibat ditinggalkan anggota dewan yang lebih sibuk berkampanye menjelang Pemilu 2009
Untuk itu, Agung meminta masing-masing fraksi memberikan sanksi bagi anggotanya yang mangkir dari rapat-rapat dan persidangan di DPR.

“Saya benar-benar khawatir, bagaimana nanti kondisinya pada tiga bulan menjelang masa Pemilu, tentu akan  makin banyak lagi yang meninggalkan sidang,” ujar Agung di gedung DPR RI Jakarta, Senin (22/12).

Lebih lanjut  Agung menambahkan, selaku pimpinan Dewan sebenarnya sudah terlalu sering mengingatkan kepada pimpinan fraksi untuk mendisiplinkan anggotanya agar menghadiri rapat komisi, rapat pansus maupun paripurna

BACA JUGA: Sebanyak 25 Pegawai BC Dipecat

Sayangnya, tetap saja banyak anggota DPR yang mangkir dari rapat-rapat Dewan.

“Sebenarnya ini soal mudah
Kalau semua fraksi serius, bahkan bisa memberi sanksi kepada anggotanya yang tidak aktif

BACA JUGA: Kadin akan Seriusi Daerah

Sebaliknya kalau dibiarkan justru akan berlarut-larut,” tegasnya. 

Agung mengharapkan agar pada masa sidang yang akan datang Sekretariat Jendral DPR sudah dapat menyerahkan daftar hadir ke pimpinan DPR“Kalau fraksi-fraksi setuju diumumkan, saya tinggal mengumumkan,” tegasnya.


Agung menegaskan bahwa dirinya tengah mencari formulasi untuk mengatasi kerap mangkirnya para anggota DewanDiharapkan masalah tersebut secepatnya dapat diselesaikan sehingga citra DPR di mata masyarakat juga makin membaik.

“Kalau hal ini tidak bisa dilakukan, bisa dipastikan rapat-rapat di DPR akan kosong sehingga pekererjaan yang tersisa seperti pembahasan berbagai RUU akan terbengkalai,” tandasnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Megawati Ikuti PPP Mendengar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler