Aher Lepas Tangan soal Skandal Gedebage

Sabtu, 16 Mei 2015 – 01:19 WIB
Ahmad Heryawan. Foto: Mohammad Adil/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) lepas tangan soal kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Stadion Gede Bage, Bandung. Menurutnya, proyek tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Pemerintah Kota Bandung.

Dikatakannya, dalam proyek ini peran Pemprov Jabar hanyalah sebagai pemberi bantuan dana. "Ketika uang sudah masuk APBD Kota Bandung, pengwasan dan segala tetek bengek diserahkan ke sana juga," kata Aher di kantor Bareskrim, Jakarta, Jumat (15/5) malam.

BACA JUGA: Aher Sebut Pendahulu Ridwan Kamil Harus Bertanggung Jawab

Bantuan dari Pemprov Jabar diberikan secara bertahap hampir setiap tahun sejak 2007 sampai 2013. Nilai totalnya mencapai Rp 335 miliar.

Aher pun bantah lalai mengawasi penggunaan dana bantuan yang nilai totalnya mencapai Rp 335 miliar tersebut. Menurutnya, pengawasan sudah dilakukan tidak hanya oleh provinsi, tapi juga pemerintah pusat.

BACA JUGA: Moeldoko: Jokowi Setuju TNI Masuk KPK

"Tentu fungsi pengawasan ada, dari provinsi pengawasan umum ada, dari BPKP ada, dari BPK tiap tahun," ucapnya.

Meski telah lakukan pengawasan, Aher mengaku baru tahu adanya masalah dalam pengerjaan proyek itu pada tahun 2014. "Analisa itu baru mncul 2014," ungkap mantan anggota DPRD DKI ini.

BACA JUGA: Panglima TNI Sudah Siapkan Perwira untuk Perkuat KPK

Saat ditanya mengenai peran Pemprov Jabar dalam penunjukan PT Adhi Karya sebagai pelaksana proyek, Aher tegas membantah. Dia pun kembali melempar tanggung jawab kepada pihak Pemkot Bandung.

"Kata siapa, hah? Itu Kota Bandung yang tahu. Jangan tanya itu ke saya, gak apal saya," tegasnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Kemungkinan Muncul Tersangka Baru Kondensat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler