AirAsia Buka Rute Vietnam dan Hongkong

Selasa, 08 Oktober 2013 – 06:37 WIB

jpnn.com - SURABAYA - AirAsia Indonesia berencana membuka rute internasional baru dari Surabaya. Yakni tujuan Vietnam dan Hongkong. Sebelum ini, maskapai penerbangan murah itu sudah memiliki sejumlah rute internasional dari Surabaya. Antara lain tujuan Kuala Lumpur, Johor Bahru, Penang, Singapura, dan Bangkok.

Commercial Director AirAsia Indonesia Bernard Francis mengatakan, sebagai bagian dari strategi perusahaan yang fokus mengembangkan rute di bawah empat jam, pihaknya akan menambah rute internasional khususnya dari Kowa Pahlawan.

BACA JUGA: Bank Mandiri Manjakan Nasabah di Tiongkok

Selama ini, Surabaya merupakan salah satu tujuan potensial bagi pengembangan bisnis perusahaan penerbangan yang berpusat di Malaysia itu.

"Kami berencana menambah rute Surabaya-Vietnam dan Surabaya-Hongkong. Saat ini kontribusi Surabaya terhadap total market kami sebesar 15 persen dengan target sebanyak 1,8 juta penumpang. Sedangkan secara nasional, kami targetkan tumbuh menjadi 7,5 juta penumpang pada tahun ini atau naik 33 persen dibandingkan 2012 lalu," katanya saat konferensi pers Karnaval AirAsia di Surabaya, Senin (7/10).

BACA JUGA: Aturan di Tiongkok Ketat, Ekspansi Bank Mandiri Tertunda

Menurut dia, yang dapat digenjot dari Surabaya salah satunya sektor pariwisata. Sebab, Surabaya menjadi hub atau penghubung ke wilayah lain. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan para agen travel dalam mendatangkan wisatawan dari mancanegara atau inbound.

"Jadi tidak hanya wisatawan domestik ke luar negeri, tapi juga wisatawan asing ke Surabaya. Saat ini kami terus melakukan promosi itu di Malaysia, Singapura, dan Thailand," terang dia.

BACA JUGA: JAL Beli Pesawat Airbus Senilai Rp 109 Triliun

Rencananya, kedua rute baru tersebut baru akan diresmikan akhir tahun nanti. Atau paling lambat pada kuartal pertama 2013. Saat ini, perusahaan masih mengurus perizinan penerbangan di rute tersebut.

"Masalahnya, untuk mendapatkan izin terbang di rute tersebut kami masih menunggu slot yang kosong. Seperti Hongkong, saat ini sudah penuh sehingga kami masih menunggu," ungkapnya.

 Untuk mengimbangi penambahan rute baru, pihaknya menambah pesawat untuk ditempatkan di Surabaya. Akhir tahun nanti akan datang satu pesawat tambahan. Kemudian pada tahun depan datang dua pesawat. Sedangkan sekarang total armada yang ditempatkan di Surabaya sebanyak lima pesawat.

"Sebagai maskapai berbasis biaya rendah, kami terus menawarkan harga yang terjangkau bagi konsumen. Dalam Karnaval AirAsia, kami menawarkan satu juta kursi baik untuk penerbangan domestik maupun internasional dengan harga khusus," ujarnya. (res/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Barang Penumpang Lion Hilang di Kabin, Bukan Tanggung Jawab Maskapai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler