Airlangga Berpeluang Besar Dampingi Ganjar, Hentikan Langkah Anies-AHY

Minggu, 30 April 2023 – 12:16 WIB
Ilustrasi - Pengamat politik Pusat Studi Islam dan Demokrasi (PSID) Nazar EL Mahfudzi memprediksi Airlangga Hartarto berpeluang besar mendampingi Ganjar Pranowo menghentikan langkah Anies-AHY di Pilpres 2024.Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Politik Pusat Studi Islam dan Demokrasi (PSID) Nazar EL Mahfudzi memprediksi Airlangga Hartarto berpeluang besar mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Airlangga berpeluang mengingat posisinya saat ini sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar yang merupakan bagian dari Pemerintahan Joko Widodo dan mengingat keberadaan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

BACA JUGA: Elite PPP Temui Megawati di Kantor PDIP Siang Ini, Datang dengan Berjalan Kaki

Nazar menggambarkan KIB sebagai koalisi pemerintah yang beranggotakan Partai Golkar, PAN dan PPP.

PPP sudah menyatakan mendukung Ganjar sebagai kandidat presiden.

BACA JUGA: PPP Dukung Ganjar, Golkar dan PAN Diyakini Bakal Merapat ke PDIP

Demikian juga PAN, memberikan sinyalemen yang sama beberapa waktu lalu.

"Saya kira untuk melanjutkan koalisi pemerintah, PPP dan PAN tidak keberatan jika KIB pada akhirnya mengusung Ganjar-Airlangga."

BACA JUGA: PDIP Semarang Mengonsolidasikan Kekuatan Demi Memenangkan Ganjar Pranowo

"Dalam perkembangan politik terkini, masing-masing parpol memang telah memutuskan kandidat yang akan diusung, tetapi hal tersebut saya kira masih sangat dinamis,” ujar Nazar El Mahfudzi dalam keterangannya, Minggu (30/4).

Direktur Pusat Studi Islam dan Demokrasi (PSID) lantas memaparkan pandangannya untuk memperkuat opini Airlangga berpeluang besar mendampingi Ganjar.

Menurutnya, rekam jejak Partai Golkar sangat jelas.

Partai berlambang pohon beringin selalu menunjukkan elektabilitas mumpuni dalam pemilu dan merupakan partai yang sangat berpengalaman.

"Ganjar punya elektabilitas tinggi, sementara Airlangga adalah ketum partai besar dan menguasai infrastruktur politik untuk mematikan langkah pasangan Anies Baswedan dan AHY,“ ucapnya.

Nazar memprediksi ketika Ganjar dan Airlangga maju berpasangan maka koalisi besar juga akan terbentuk melanjutkan program-program pemerintahan Presiden Jokowi.

“Pasangan ini berpotensi menang jika PDIP bergabung dengan KIB untuk bersama-sama mengusung Ganjar-Airlangga."

"Jadi, warna politiknya jelas koalisi besar yang mengambil garis tegas melanjutkan program-program Pemerintahan Jokowi."

“Saya kira partai sekelas Partai Golkar idealnya memang mendorong kadernya untuk maju meski posisinya hanya sebagai cawapres,” kata Nazar. (gir/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Pranowo Diteriaki Presiden Ketika Lari Pagi di GBK


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler