Airlangga Hartarto Mengundurkan Diri, Golkar Masih Dukung Dedi Mulyadi?

Senin, 12 Agustus 2024 – 17:01 WIB
Dedi Mulyadi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Partai Golkar memastikan tetap mengusung Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024, meski Airlangga Hartarto mundur dari ketua umum parpol berlambang pohon beringin itu.

Sementara untuk wakilnya Dedi Mulyadi masih dalam pembahasan setelah Jusuf Hamka yang digadang-gadang bakal maju, juga mengundurkan diri.

BACA JUGA: Istana Bantah Pengunduran Diri Airlangga Ada Hubungannya dengan Jokowi

"Jadi untuk Pilgub Jabar kami tetap mendorong Pak Dedi Mulyadi sebagai calon Gubernur Jawa Barat dan wakilnya masih harus dibahas," kata Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan saat dikonfirmasi, Senin (12/8/2024).

Ace menuturkan, posisi Ridwan Kamil juga masih sama yakni direkomendasikan maju di Pilgub Jakarta.

BACA JUGA: Setelah Airlangga, Jusuf Hamka juga Mundur dari Golkar, Ada Alasan Besar

"Ya, saya kira pak Emil (Ridwan Kamil) tetap di Jakarta," ucapnya.

Menurutnya, nama-nama bakal calon kepala daerah yang telah direkomendasikan oleh DPP Partai Golkar tidak akan terganggu setelah Airlangga mengundurkan diri.

BACA JUGA: Doli Kurnia Ikut Mendampingi Airlangga, Dia Kaget

Sejauh ini, kata Ace, belum ada perubahan apa pun terkait nama-nama yang direkomendasikan partainya.

"Sejauh ini belum ada perubahan apa pun. Sejauh yang saya tahu kami belum mendapatkan arahan, kami masih tetap Pak Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur," ujarnya.

Ace menambahkan pengunduran diri Airlangga Hartarto tidak akan berdampak kepada Partai Golkar. Sebab partai memiliki sistem dan dinamika organisasi yang berjalan.

"Partai Golkar itu partai yang telah memiliki sistem dalam dinamika berorganisasi. Iadi, insyaallah ini tidak akan berdampak terhadap berbagai kebijakan yang telah dilakukan selama ini oleh Partai Golkar," ucapnya.

Terkait kepemimpinan di tubuh Golkar, Ace mengatakan Airlangga Hartarto secara de jure masih ketua umum. Namun, secara fakta atau de facto yang bersangkutan telah mengundurkan diri.

"Kepemimpinan ini besok akan dibahas dalam rapat pleno DPP Partai Golkar untuk menentukan siapa Plt ketua umum," tutur politisi asal Bandung itu. (mcr27/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Singgung Kemungkinan Airlangga Ditekan untuk Mundur


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler