Akan Didirikan Pabrik Kantong Darah

Minggu, 07 Februari 2010 – 07:06 WIB

PURWOKERTO-Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menggagas pendirian pabrik kantong darahKarena sampai saat ini untuk memenuhi kebutuhan kantong darah masih tergantung impor.

"Selama ini, Indonesia masih impor kantong darah," katanya

BACA JUGA: Tahlil Hari Ke-40, Beber Konsep Pluralisme Gus Dur

Padahal, kata JK yang kemarin meresmikan Kantor Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Banyumas, harga satu kantong darah senilai Rp 50 ribu
Konon, nilai investasi pabrik tersebut mencapai Rp 5 Miliar dengan kapasitas produksi lima juta kantong dalam setahun.

PMI juga menargetkan tiga juta kantong darah pada 2010

BACA JUGA: Demokrat Belum Ajukan Nama ke SBY

Menurut mantan wakil presiden RI ini, kebutuhan darah nasional tahun lalu sebanyak empat juta kantong darah dan baru tercukupi 1,7 juta kantong darah.

"Dan 2011, kita targetkan empat juta kantong," tandasnya
Menyusul ketetapan tersebut, PMI akan menggiatkan kampanye di sejumlah fasilitas umum

BACA JUGA: Jadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

Bahkan, JK berkeinginan di setiap mall di kota besar didirikan UTD.

"Donor darah harus dijadikan trend atau gaya hidupNantinya tidak ada pendonor yang meringis saat donor, tapi mereka tersenyum," ujarnyaMenurutnya, PMI memiliki dua tugas kemanusiaan yang pentingYakni tugas utama distribusi darah, serta keterlibatan dalam penanganan bencana.

Hal penting yang harus diperhatikan, lanjutnya, komukasi antar UTDC guna memenuhi kebutuhan darah"PMI juga dituntut kesiapsiagaannya dalam menanggulangi bencana," ungkapnya.

JK hadir di Banyumas bersama 36 pengurus PMI pusat untuk meresmikan Kantor UTDC Banyumas yang baru di SokarajaSejak dilantik sebagai Ketua Umum PMI, JK mengaku sudah berkunjung ke UTDC di sepuluh daerahIa menargetkan dapat berkunjung ke 33 provinsi dalam waktu dua bulan"Saya sengaja membawa semua pengurus agar tahu kondisi sebenarnya di lapangan seperti apaTidak hanya mendengar dari laporan semata," tegas JK yang memuji kemegahan gedung UTDC Banyumas.

Usai meresmikan gedung, JK mengunjungi satu per satu ruang pelayanan di sanaBahkan, pria yang terkenal ceplas-ceplos ini menyempatkan diri untuk periksa gigi di poliklinik yang tersedia.

Gedung UTDC Banyumas dibangun di atas tanah seluas 4.500 meter persegiGedung dua lantai seluas 2.500 meter persegi tersebut dilengkapi fasilitas transfusi darah poliklinik umum dan gigi yang melayani 24 jamAda juga ruang makan pendonor, ruang tunggu permintaan darah dan aula serba guna.(nun)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Klaim Sukses 100 Hari Dipertanyakan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler