Jadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

Sabtu, 06 Februari 2010 – 20:59 WIB
YOGYAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, menginginkan agar donor darah menjadi trend dan gaya hidup ditengah masyarakatMenurutnya, jika itu sudah menjadi gaya hidup maka kebutuhan kantong darah akan terpenuhi dengan sedirinya.

“Sekarang kita ingin menjadikannya mode, trend, kita akan  mulai

BACA JUGA: Klaim Sukses 100 Hari Dipertanyakan

Nanti saya minta unit darah itu disiapkan di mall, ataupun di stasiun kereta api, tetap, bukan sekali sebulan, tapi akan berkantor setiap hari,” kata tokoh yang akrab di sapa dengan nama JK itu saat bertatap muka dengan Pengurus PMI Daerah Yogyakarta, Sabtu (6/2).

JK yang juga mantan wakil presiden mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan kantong-kantong darah secara nasional
Kata dia, tahun 2009 PMI  berhasil mengumpulkan 1,7 juta kantong dan tahun ini pihaknya menargetkan tiga juta kantong darah.

“Kita punya target tahun ini 3 juta dan tahun depan 4 juta, karena kebutuhan makin tinggi

BACA JUGA: Demokrat Dinilai Terlalu Sensitif dan Ketakutan

Supaya jangan orang kesulitan untuk mendapatkan kantong darah,” katanya.

Untuk menjadikan donor darah menjadi trend, PMI dari pusat hingga ke daerah akan mengkampanyekan tagline “Donor sehat, yang menerima juga sehat”
PMI juga akan memilih duta khusus untuk mengkampanyekan pentingnya donor darah.

Menurut JK, ada dua macam pendonor darah

BACA JUGA: Tak Rasional, Seluruh Honorer Dijadikan PNS

Pertama, donor darah sukarela yang rutin melakukan transfusi darahKedua, donor darah seremonial yang dilakukan pada acara  ulang tahun, perusahaan, dan organisasi.

“Dulu saya menjadi Ketua Golkar, tiap tahun menggelar donor darah supaya diliput media dan ditahu masyarakat,” katanya(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dibahas, Pengembalian Seleksi CPNS ke Pusat


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler