Akhir Januari, MA Gelar Pemilihan Ketua

Hakim Agung Rutin Check-up di RSAL

Kamis, 08 Januari 2009 – 05:04 WIB
JAKARTA – Rapat pleno Mahkamah Agung kemarin memutuskan segera menggelar pemilihan ketua Mahkamah AgungPemilihan ketua MA digelar akhir Januari dan berhak diikuti oleh seluruh hakim agung.”Hanya mekanismenya belum diputuskan, apakah satu babak atau dua babak,” ujar Wakil Ketua MA Harifin A

BACA JUGA: Ratusan Burung Langka Diselundupkan ke Filipina

Tumpa di gedung MA, Rabu (7/1).

Dalam pemilihan ketua MA sebelumnya, Bagir Manan terpilih sebagai ketua MA setelah pemilihan dua babak
Pada babak pertama, seluruh hakim agung diminta menuliskan tiga nama hakim agung yang dinominasikan untuk menjadi ketua MA

BACA JUGA: Pulau Komodo Masuk 7 Keajaiban Baru Alam



Tiga nama paling atas lantas diperas lagi menjadi satu nama
”Pekan depan kita rumuskan mekanismenya,” katanya.

Harifin sendiri mengaku siap mengikuti pemilihan ketua MA pada akhir Januari

BACA JUGA: Kejagung Seret Mantan Dirut PLN

Hakim berusia 66 tahun tersebut menilai dirinya memiliki kemampuan kesehatan untuk mengemban jabatan hingga berusia 70 tahun.

”Rapat pleno pimpinan MA tadi memutuskan semua hakim agung memiliki kesempatan dan hak untuk memilih dan dipilih menjadi ketua MASaya serahkan pada para hakim agungSaya tidak mempersiapkan diri secara khusus, karena semua hakim agung punya hak yang sama,” katanya.

Beberapa hari terakhir, kondisi kesehatan Harifin menjadi perhatian sejumlah media menyusul peristiwa ambruknya Harifin saat mengucapkan sumpah jabatan sebagai pelaksana tugas ketua MA pada 30 Desember lalu”Orang boleh menilai bagaimana tentang sayaYang jelas, setelah pelantikan hakim agung itu, saya tidak pernah absen masuk kantorSaya juga langsung memimpin sidang 32 perkara,” katanya”Kram kaki itu kan bukan penyakit seriusSemua orang juga bisa kena kram,” kilahnya.

Harifin juga membantah pasca kejadian itu sempat memeriksakan kesehatan di sebuah rumah sakit di Jakarta Selatan seperti yang diberitakan sejumlah mediaPasalnya, seluruh hakim agung sudah memeriksakan kesehatan secara rutin di RSAL Mintohardjo”Orang checkup itu kan tidak berarti sakitApa ada larangan orang untuk checkup?” katanya.

Apabila terpilih sebagai ketua MA dan di kemudian hari kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, Harifin menilai terbuka peluang untuk diganti”Ketentuannya kan kalau tidak bisa menjalankan tugas tiga bulan terus-menerus, otomatis harus berhentiKalau saya juga sudah jenuh, saya bisa mengundurkan diri,” paparnya. (noe/yun/agm)
 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemilik Sarijaya Masuk Daftar Hitam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler