Akhirnya Garuda Menukik ke Final

Minggu, 19 Desember 2010 – 21:35 WIB
Foto: Charlie L/Indopos

JAKARTA -- Lagi-lagi El LocoItulah kata yang pantas ditujukan untuk permainan cemerlang gol cantik yang dicetak Christian ‘El Loco’ Gonzales dalam leg kedua Indonesia kontra Filipina di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (19/12)

BACA JUGA: Cassano Merapat, Ronaldinho Terancam

Gol tunggalnya di menit ke 42 membuat Indonesia lolos ke Final Piala AFF Suzuki Cup 2010.

Tim Garuda lolos dengan agregat 2-0 atas Fiilipina
Pada leg pertama yang juga di langsungkan di GBK, Kamis (16/12), kemenangan Indonesia juga diperoleh lewat gol tunggalnya di menit ke 32

BACA JUGA: Tendangan El Loco, Timnas Sudah Unggul 1-0

Pemain Persib Bandung ini pantas mendapatkan penghargaan untuk sumbangsih terhadap negara barunya.

Kalau pada leg pertama lalu ia mencetak gol dengan heading mematikan, kali ini dengan menyarangkan bola melalui tendangan keras kaki kiri dari luar kotak pinalti
Gonzales yang selalu ngotot mengejar bola sepanjang pertandingan mampu melesakkan bola ke sisi kanan gawang yang dikawal Neil Etehridge

BACA JUGA: Penghargaan Kedua Beckham dari BBC

Dengan akurasi yang baik, El Loco menunjukkan kualitasnya dengan golnya ituSontak saja GBK bergemuruh menyambut golnya ini.

Gol itu tercipta setelah beberapa kali ia gagal menjebol gawang lawanSetidaknya, sebelum itu ia menyia-nyiakan setidaknya tiga peluang emasMenit ke 20, headingnya menyambut umpan Muhammad Nasuha dari sisi kiri gawang hanya jatuh tepat di genggaman etehridge.

Setelah itu, menerima umpan Muhammad Ridwan yang melakukan akselerasi dari sisi kanan lapangan juga tak mampu dimaksimalkannya menjadi sebuah golPadahal, El Loco telah berdri bebas dan gawang telah ditinggalkan EtheridgeTendangan kaki kanan El Loco tak mengenai bola.

Menit ke 35, El Loco yang telah berhadapan dengan kiper lawan sekali lagi gagal menjebol gawangIa mendapatkan umpan dari lapangan tengah setelah Ahmad Bustomi dilanggar pemain lawanBaru di menit ke 42 baru El Loco mampu menciptakan gol ketiganya dalam piala AFF kali iniGol ini menempatkannya sebagai top skorer sementara ajang ini.

Sejak awal babak pertama kedua tim sudah langsung bermain menyerangSepuluh menit awal keduanya bermain terbuka dan bergantian menggempur pertahanan lawanIndonesia melalui Muhammad Nasuha dan Oktovianus Maniani dari sisi kiri beberapa kali menerobos pertahanan Filipina yang digalang Alexandre Boromeo.

Gonzalez dan tandem barunya Yongy Aribowo bermain bagus dan menyulitkan para pemain bertahan lawanDari sisi kiri Zulkifly Syukur pun memperlihatkan kapasitasnya dengan beberapa kali menerobos ke depanKoordonasi para pemain tengah juga terlihat berjalan baik.

Seperti biasa, permainan Filipina lebih menonjolkan Philip dan James YounghusbandIa Araneta yang menjadi pasangan Philip menjadi tandem yang baikSerangan balik Filipina tak kalah berbahaya dan mengancam gawang Indonesia yang dikawal Markus HorisonFilipina tetap bermain ngototTapi mulai keras hingga mendapatkan empat kartu kuning dan kartu merah diberikan wasit kepada Christopher Greatwich di menit ke 85.

Di awal babak kedua, permainan tim Garuda makin menggilaPermainan Firman Utina dan Ahmad Bustomi yang sangat baik menjaga keseimbangan permainan membuat para pemain Filipina makin terdikteMenit ke 49, tendangan keras Zulkifly Zukur tak dapat ditangkap dengan baik oleg Etheridge dan hampir saja Yongky menciptakan gol bila terlambat direbut Etheridge.

M Ridwan dan Zulkifli dari kanan dan M Nasuha serta Okto dari kiri bergantian menyerangUmpan-ummpan cantik Firman dan permainan ngotot Bustomi merusak permainan FilipinaBeberapa kali tampak pemain asuhan pelatih Simon Mc Menemy ini coba memprovokasi pemaik IndonesiaTapi, itu tak berpangaruh dan Indonesia bermain makin baik.

Hanya saja, Filipina beberapa kali membahayakan gawang Markus HorizonDiantaranya saat heading Christppher Greatwich hampir menjebol gawang di menit ke 58Menit ke 76 Zulkifli melakukan kesalahan di depan gawang sendiriIa menahan bola di dalam kotak pinalti tanpa mengetahui Philip Younghusband yang datang dari belakang dan mencoba merebut bolaUntung saja tendangan Philip mampu ditahan Markus dan bola langsung dibuang Firman.

Menit ke 85, Nasuha menyia-nyiakan peluang emasUmpan Firman yang diteruskan heading Yongky mengarah kepadanya yang berdiri bebas di depan gawang tanpa kiperSayang tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang.

Setelah Greatwich mendapatkan kartu merah di menit ke 85, gawang Indonesia kembali terancamMenit ke 87 hampir gawang Markus kebobolanIa meninggalkan gawangnya dan bola berhasil disundul Robert Gier saat kemelut di depan gawangUntung ada Nasuha yang berdiri di bawah mistar gawang dan membuang bola.

Meski tinggal bermain dengan 10 pemain, di akhir babak kedua Filipina mampu menekan Indonesia yang tampak kelelahanMenit 84 ke Arif Suyono dimasukkan menggantikan Okto di babak ke 84Menit 92 babak injury time, pelatih Alfred Riedl menarik Christian Gonzales dan memasukkan Bambang Pamungkas.

Sayangnya, Ahmad Bustomi mendapatkan kartu kuning di menit ke 93Ini merupakan kartu kuning keduanya sehingga ia tak bisa memperkuat timnas di babak final melawan Malaysia 26 dan 29 desember mendatang.(sto/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meski Hadapi Kasus MK, Tetap Nonton Garuda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler