Aksi 12 Ribu Anggota Komunitas Pengumpulan Plastik Ini Patut Dijadikan Contoh

Jumat, 08 April 2022 – 01:24 WIB
Para mitra Plastic Bank mendukung pengumpulan plastik dari lingkungan untuk didaur ulang menjadi bahan baku, yang disebut Social Plastic™. Foto dok Plastic Bank

jpnn.com, BALI - Para mitra Plastic Bank, termasuk SC Johnson; Plastic Reborn dengan Coca-Cola Foundation Indonesia & Ancora Foundation; HelloFresh; Natreve; ScanCom; Advansa; dan Padnos, mendukung pengumpulan plastik dari lingkungan untuk didaur ulang menjadi bahan baku, yang disebut Social Plastic™.

Hasil tersebut kemudian diintegrasikan kembali ke dalam rantai pasokan manufaktur global.

BACA JUGA: Ekspor Perdana Ikan Tuna ke Vietnam, LPEI Berkolaborasi dengan PT Sarinah

Sebanyak 12 ribu lebih anggota komunitas pengumpulan plastik dari Plastic Bank Indonesia berhasil mencegah pencemaran lingkungan.

Jumlah tersebut setara dengan satu miliar botol plastik di laut.

BACA JUGA: Soal Polemik BPA Galon Kemasan, Pakar IPB Bilang Begini

“SC Johnson telah mendukung peningkatan pendapatan lebih dari 11.500 individu dan membuka lebih dari 250 cabang pengumpulan di seluruh Indonesia sejak 2018, mengumpulkan plastik dari lingkungan dan menggabungkannya kembali ke dalam botol plastik Windex®? dan Mr Muscle®? kami yang terbuat dari 100% plastik daur ulang,” jelas Alan VanderMolen, Chief Communications Officer SC Johnson.

Pencapaian Plastic Bank Indonesia ini sambungnya, merupakan bukti nyata dari pekerjaan penting dan berdampak yang telah dilakukan.

BACA JUGA: Istri Menolak Variasi Gaya Bercinta? Apakah Termasuk Pembangkangan? Simak Hukumnya

"Kami bangga dapat bermitra dengan Plastic Bank Indonesia dalam membantu menemukan solusi lokal untuk mengatasi masalah global," serunya.

Paola Cortese, Country Manager Plastic Bank Indonesia menuturkan di Indonesia, setiap tahun ada 4,9 juta ton sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik dan 83% sampah plastik bocor ke laut dan mengancam ekosistem laut.

Pencapaian ini membuktikan upaya kami bersama untuk mendukung target pemerintah Indonesia dalam mengurangi polusi plastik di lautan sebesar 70% pada 2025.

"Selain dampak lingkungan, upaya ini juga turut mengurangi kemiskinan di kalangan kolektor plastik informal,” tutur Paola.

Beberapa mitra strategis seperti GoPay Indonesia, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan turut mendukung upaya pengumpulan plastik dan meningkatkan kesejahteraan komunitas kolektor, melalui tabungan e-wallet, asuransi kesehatan, dan asuransi ketenagakerjaan.

Pencapaian ini juga merupakan bukti komitmen Plastic Bank Indonesia dalam mengurangi kemiskinan, terutama di wilayah pesisir pantai di Indonesia, sambil merevolusi ekonomi sirkular global untuk plastik.

Hal itu seperti yang dirasakan oleh Asis Wijayanto, seorang anggota Plastic Bank Indonesia di Tabanan, Bali.

“Dengan mengumpulkan plastik dan menukarkannya di mitra cabang Plastic Bank, saya turut berkontribusi mencegah pencemaran plastik di laut dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga," ujar Asis.

Di samping itu anak Asis juga menerima tablet android gratis dan perlengkapan sekolah untuk mendukung kegiatan belajarnya.

"Selain itu, dengan adanya iuran BPJS Kesehatan yang dibayarkan setiap bulan oleh Plastic Bank Indonesia, saya memiliki akses pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis setiap bulan untuk penyakit paru-paru saya, sehingga saya bisa terus mencari nafkah,” ucap Asis.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler