Alhamdulillah, Bantuan Kemanusiaan BAZNAS untuk Palestina Tiba di Pelabuhan El Arish

Jumat, 16 Februari 2024 – 13:43 WIB
Alhamdulilah, bantuan kemanusiaan BAZNAS untuk Palestina, tiba di pelabuhan El Arish, Mesir. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia untuk rakyat Palestina telah tiba di Pelabuhan El Arish, Sinai Utara, Mesir, Selasa (13/2).

Bantuan tersebut diangkut menggunakan KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 beserta Satuan Tugas Port Visit Mesir 2024 itu disambut Deputy Chief Mission (DCM) M. Zaim A. Nasution dan Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Kairo Kolonel (Kav) Aria Sanggita Saleh.

BACA JUGA: BAZNAS Tanggap Bencana Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Demak

Ketua BAZNAS H. Noor Achmad bersyukur bantuan kemanusiaan untuk Palestina seberat 60 ton tersebut telah sampai dengan selamat.

"Bantuan kemanusiaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir atau Egyptian Red Crescent (ERC), Ahmed Buhaeri Ali," ujar Kiai Noor, dalam keterangannya, Jumat (16/2).

BACA JUGA: BAZNAS dan FDIKOM UIN Jakarta Optimalkan Sinergi Dakwah Zakat

Kiai Noor berharap proses pengiriman bantuan yang akan melewati Pintu Rafah ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga bantuan dapat segera diterima dengan baik oleh masyarakat Palestina.

"Bantuan berupa makanan siap saji, selimut, pakaian, alat kesehatan, tenda lapangan dan lain sebagainya. Semoga bisa cepat dterima rakyat Palestina,” kata Kiai Noor.

BACA JUGA: Pesantren Tebuireng Salurkan Infak Rp 550 Juta untuk Palestina ke BAZNAS

KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 merupakan kapal bantu rumah sakit milik TNI AL yang mengangkut 214 personel.

Kapal ini berlayar dari Jakarta pada 18 Januari 2024, dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, membawa ratusan ton bantuan, termasuk bantuan kemanusiaan seberat 60 ton dari BAZNAS.

Bantuan seberat 60 ton tersebut merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk BAZNAS.

Bersama pemerintah, ada tiga lembaga kemanusiaan yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yakni BAZNAS, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia. (jlo/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler