Alhamdulillah Bu Khofifah Membagikan Kabar Baik, Warga Jatim Siap-Siap

Minggu, 10 Oktober 2021 – 21:31 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kabar baik soal penanganan Covid-19 dan hasil asesmen situasi. Foto: ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kabar baik soal penanganan Covid-19 dan hasil asesmen situasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menurut dia, berdasarkan asesmen Kemenkes menyatakan 32 dari 38 kabupaten/kota di provinsi Jatim masuk PPPKM Level 1.

BACA JUGA: Guru Induk Tak Lulus PPPK Tahap I, Digeser Noninduk, Honorer K2 Jatim Bergerak

"Di Jawa Timur, sudah satu bulan terakhir ada 32 kabupaten/kota masuk level 1 menurut asesmen level dari Kemenkes. Sedangkan enam kabupaten/kota yang masuk level 2," ujar Gubernur Khofifah saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Magetan, Minggu.

Eks Menteri Sosial itu menyatakan asesmen level dari Kemenkes tersebut berdasarkan standar WHO.

BACA JUGA: Wali Kota Malang Sutiaji Diperiksa 5 Jam oleh Penyidik Polda Jatim, Kasus Apa?

Asesmen level dari Kemenkes juga mengacu pada enam parameter.

"Meliputi kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, kematian, testing, tracing, dan treatment yang dilakukan secara masif dan terukur, sehingga menghasilkan predikat memadai," beber dia.

BACA JUGA: Guru Honorer Sepuh Tak Lulus PPPK Tahap I, PHK2I Jatim: Afirmasi hanya Akal-akalan

Lalu, lanjut Khofifah, asesmen level PPKM berdasarkan Inmendagri Nomor 47 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 COVID-10 di Wilayah Jawa dan Bali.

Khofifah menyebut poin kedua menginstruksikan penetapan level wilayah ditambah dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun dari target vaksin di setiap wilayah aglomerasi.

"Sebagai contoh, Kota Surabaya. Itu dosis 1 sudah 100 persen, dosis 2 sudah di atas 70 persen, lansianya dosis 1 dan 2 juga di atas 70 persen. Tetapi, belum bisa disebut PPKM Level 1, karena wilayah itu dihitung secara aglomerasi. Harus dilihat bagaimana wilayah Bangkalan, Gresik, dan wilayah aglomerasi Surabaya Raya," jelas Khofihah.

Khofifah menambahkan asesmen level PPKM menurut Inmendagri Nomor 47 Tahun 2021 di Jawa Timur, ada 32 kabupaten/kota level 3 PPKM dan lima kabupaten/kota level 2 PPKM, sedangkan satu daerah masuk PPKM level 1.

Kendati demikian berita baik soal asesmen tersebut, Khofifah tetap meminta warga Jatim tetap menjaga dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Pemda di wilayah Jawa Timur harus terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 agar kekebalan kelompok segera terbentuk dan menekan kasus COVID-19," tegas Khofifah. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler