Ali Ibrahim Sebut Perlu Langkah Konkret Membumikan Pancasila

Rabu, 13 Oktober 2021 – 23:18 WIB
Ketua Apeksi Komwil IV Ali Ibrahim bersama sejumlah pihak usai penandatanganan MoU Apeksi dengan BPIP di Yogyakarta. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) IV Ali Ibrahim menilai perlu ada langkah konkret untuk membumikan dan memperkukuh nilai-nilai Pancasila, di tengah arus globalisasi yang berkembang pesat.

Ali Ibrahim menyatakan hal tersebut saat menghadiri penandatanganan MoU antara Apeksi dan Badan Pembinaan Ideologis Pancasila (BPIP), di Yogyakarta, Selasa (12/10).

BACA JUGA: Babak Baru Dugaan Ayah Mencabuli 3 Anak Kandung, Ada Keganjilan Hasil Visum

“Saya akan memperkuat pendidikan Pancasila di sekolah dan kampus secara massif, mudah dan kreatif, melalui media sosial maupun melalui interaksi dengan masyarakat."

"Saya juga akan mendorong kolaborasi dengan semua pihak atas pentingnya ideologi Pancasila serta mengintervensi nilai nilai Pancasila dalam kebijakan daerah,” ujar Ali Ibrahim dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (13/10).

BACA JUGA: Permukiman Suku Badui Terbakar, Kerugian Cukup Besar, Ditaksir Sebegini

Wali Kota Tidore Kepulauan dua periode itu mengajak semua pihak yang hadir untuk ikut membumikan Pancasila.

“Mari semua berkolaborasi, bersinergi dan gotong-royong memperkuat ideologi dengan membumikan nilai-nilai Pancasila,” katanya.

BACA JUGA: Keren! PKP Siap Membentangkan Karpet Merah Untuk Mantan Pegawai KPK

Ali Ibrahim optimistis Pancasila bisa membawa daerah dan bangsa menjadi maju, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Karena Pancasila adalah bentuk konsensus bersama yang harus dijaga dan nilai-nilainya harus diwariskan ke setiap generasi penerus," katanya.

Sementara itu, Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan upaya membumikan nilai-nilai Pancasila terutama pada generasi muda harus dilakukan dengan cara kekinian.

“Supaya Pancasila lebih dekat dengan milenial, harus mengajarkan lewat gaya-gaya milenial. Seperti, melalui kreativitas, teknologi informasi, panggung budaya dan seni, aktivitas jalanan dan cara-cara kreatif kaum milenial,” katanya.

Wali kota Bogor itu juga mengatakan pemerintah daerah perlu mengambil peran dan kebijakan dalam APBD untuk merumuskan semangat membumikan Pancasila pada generasi muda.

BPIP dan Apeksi segera merumuskan poin poin rekomendasi dalam APBD agar terbangun kesepahaman dalam implementasinya di daerah,” ucapnya.

Hadir mendampingi wali kota Tidore Kepulauan pada acara tersebut, kepala dinas perindagkop, kepala dinas perhubungan, kepala BPBD, kepala bagian tata pemerintahan dan kepala bidang litbang Kota Tidore.(gir/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler