Amankan Stok Daging Jelang Puasa, RI Lobi Australia

Senin, 06 Juni 2011 – 14:08 WIB
JAKARTA- Menteri Perdagangan, Marie Elka Pangestu mengatakan pemerintah akan melakukan koordinasi dengan pemerintah Australia terkait impor sapiHal ini dilakukan untuk mengamankan stok daging nasional menjelang masuknya bulan puasa yang tidak lama lagi.

"Masalah itu sedang kita koordinasikan dengan pihak Australia dan Kementan yang punya program untuk memperbaiki kondisi rumah potong hewan

BACA JUGA: Menkeu Minta Ujicoba Langsung Pembatasan BBM

Masalah ini adalah sesuatu yang harus terus kita koordinasikan dengan mereka," kata Marie menjawab wartawan di Jakarta, Senin (6/6).

Sebagaimana diketahui, pekan lalu Menteri Pertanian Australia Joe Ludwig menginstruksikan untuk mengkaji ulang ekspor sapi potong ke Indonesia
Instruksi ini menyusul tayangan program televisi Australian Broadcasting Corp (ABC) bertajuk Four Corners

BACA JUGA: Deposit Batubara di Kutim 5,3 Triliun Ton

Dalam tayangan tersebut, digambarkan tata cara penyembelihan sapi yang tidak sesuai dengan tata cara standart pemotongan hewan.

Kementrian Perdagangan, kata Marie, juga terus berkoordinasi dengan tim ketahanan pangan untuk menjaga stabilisasi pangan
Fokus pemerintah untuk mempersiapkan kebutuhan menjelang bulan puasa dan antisipasi memasuki lebaran.

"Kita terus melihat stok dan menjamin stok cukup

BACA JUGA: Kementerian BUMN Berusaha Sehatkan Merpati

Mudah-mudahan produksi juga tidak ada yang terganggu," kata Marie.

Sementara itu, rencana penundaan ekspor sapi Australia diyakini tidak akan menekan harga daging sapiUntuk mengamankan pasokan daging sapi dalam negeri, pemerintah masih mengandalkan sentra-sentra produksi dan ternak sapi di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Saat ini kebutuhan daging sapi nasional mencapai 430 ribu ton per tahunDari jumlah ini, sebanyak 25 persen atau 100 ribu ton daging masih berasal dari impor.  Dengan tingkat konsumsi daging sapi yang masih rendah yakni hanya 2 Kg perkapita selama setahun, Indonesia tetap optimis bisa melakukan swasembada daging pada tahun 2014 mendatang.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi Golkar Nilai Menkeu Adu Domba Pusat dan Daerah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler