Amien Sebut KPK Macan Ompong

Senin, 03 Januari 2011 – 00:32 WIB

JAKARTA - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais mengatakan kepercayaan publik terhadap kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah tidak ada lagiKPK menurutnya, banyak mengecewakan publik

BACA JUGA: Pusat Tunggu Data Honorer Kategori Dua

Amien mengatakan, KPK juga tidak bisa diharapkan untuk mengungkap penjualan IPO Krakatau Steel (KS) dengan sistem jatah-jatahan itu.

"Jelas sekali pamornya sudah merosot
Kepercayaan publik sudah tidak ada dan KPK hanya menjadi semacam macan ompong," kata Amien Rais di sela-sela acara Awal Tahun 2011 di Rumah PAN, Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Minggu (2/11).

Seperti halnya dalam menuntaskan Kasus Bank Century, kata Amien, setiap kali KPK diminta penuntasan kasus yang diduga merugikan negara Rp 6,7 triliun ini, KPK selalu mengatakan tidak cukup bukti

BACA JUGA: Disiapkan Perpres Tambahan Penghasilan PNS Daerah

Termasuk penuntasan kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Miranda Swaray Goeltom dan kasus mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan.

"Tapi lagi-lagi kita dikecewakan
Seperti KPK sendiri sudah khas sekali, setiap kali diminta tuntaskan Bank Century, tuntaskan masalah Miranda Goeltoem, masalah Gayus, selalu kurang cukup bukti dan selalu tidak didukung bukti hukum," katanya.

Untuk bisa dipercaya lagi mengembalikan pamor KPK dan bisa dieprcaya menangani penjualan IPO KS, Amien yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Partai DPP PAN punya saran

BACA JUGA: Kikis Citra Buruk, PNS Harus Kerja Serius

Kata dia, lebih baik pimpinan KPK yang ada sekarang ini tidak perlu lagi menunggu masa jabatannya berakhir.

Empat pimpinan KPK, M Jasin, Haryono Umar, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah kata Amien diganti dengan orang baruSedangkan Busyro Muqaddas (Ketua KPK) yang baru saja dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyno (SBY) tetap dipertahankan.

"Kecuali Pak BusyroLebih baik dipilih kembali, tidak usah menunggu sampai selesai, itu ada baiknya kalau dievaluasi kemudian dipilih ulangYang empat (Pimpinan KPK) itu diperbaharui," tukasnya(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 256 Jaksa Disanksi, 32 Dicopot


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler