Angela Sebut Perindo Ingin Meningkatkan Peran Pemuda di Politik

Sabtu, 06 Juli 2024 – 20:48 WIB
Partai Perindo gelar diskusi 'Politics Reborn Vol 1 bertajuk Siapa Layak Pimpin Jakarta?' Menurut Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo diskusi digelar karena partainya ingin meningkatkan peran pemuda dalam perpolitikan di tanah air. Foto: Perindo.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo mengatakan partainya ingin meningkatkan peran generasi muda dalam perpolitikan di tanah air.

Caranya, Partai Perindo antara lain menggelar diskusi Politics Reborn Vol 1 bertajuk Siapa Layak Pimpin Jakarta?

BACA JUGA: Inilah Jadwal Pesta Kesenian Bali 2024 Pekan Pertama Juli

Diskusi dilaksanakan di MNC Conference Hall, iNews Tower lantai 3, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7).

"Harapan kami ini bisa menjadi wadah, dialog dan diskusi, serta untuk menambah wawasan. Diskusi tentunya terkait isu politik yang hangat di Tanah Air," ujar Angela dalam sambutannya.

Menurut Angela topik mengulas Pilkada DKI Jakarta sengaja diambil dengan harapan ke depan bisa banyak lagi menggaet generasi muda untuk meningkatkan kepedulian terhadap perpolitikan Indonesia.

BACA JUGA: Bicarakan Pilkada, Pimpinan Partai Perindo Menyambangi DPP PKS

"Tentunya kami berharap tidak hanya menjadi ruang gagasan, tetapi ini bisa menjadi ruang aspirasi generasi muda yang bisa disalurkan melalui Partai Perindo," ucapnya.

Wanita yang juga menjabat Ketua Desk Pilkada DPP Partai Perindo ini menilai perlu dibuka ruang seluas-luasnya untuk generasi muda yang kaitannya dengan politik Indonesia.

BACA JUGA: Perindo Dukung Befa-Natan Karena Berikan Hati untuk Papua Pegunungan

Selain itu, untuk menelurkan gagasan dan aspirasi generasi muda.

"Nah, kenapa ini penting? Karena bagaimanapun juga ini untuk kepentingan masa depan Indonesia," ucapnya.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini Indonesia sudah memasuki era bonus demografi. Saat ini, sejatinya usia produktif sudah jauh lebih besar dari yang usia non-produktif.

"Trennya naik terus sampai di tahun 2030 dan akan menurun dari 2030. Itu sampai diperkirakan habis di 2045," katanya.

Karena itu, kaa Angela, saat ini merupakan momentum paling tepat jika ingin membangun Indonesia menjadi negara maju, berdaulat, adil dan makmur.

"Untuk mencapai cita-cita itu, tentunya harus punya pemerintahan yang adil. Harus punya eksekutif dan legislatif yang bisa menentukan kebijakan-kebijakan dan program yang tepat di level daerah dan nasional," katanya.

Angela mengakui Partai Perindo bukan partai politik yang masuk parlemen pada 2024 ini.

Namun Perindo memiliki 381 kursi anggota dewan hasil Pemilu Legislatif 2024 yang tersebar di 186 Kabupaten/Kota dan Provinsi di Indonesia.

"Di DKI Perindo punya satu kursi," katanya.

Dalam diskusi hadir Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Perindo Angkie Yudistia dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Michael Victor Sianipar.

Kemudian, Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Ketua DPP Bidang Politik dan Ideologi Manik Maganamahendra yang juga sebagai moderator diskusi.

Narasumber yang hadir Ketua Politik Demokrasi PB HMI Bambang Irawan, Direktur ICRC Konsultan Politik Hadi Suprapto Rusli dan CEO Think Policy and Co-Head Sekretariat Bijak Andhyta F. Utami.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Michael Victor Sianipar mengatakan diskusi yang digelar merupakan program dari Partai Perindo yang baru diluncurkan.

Kegiatan ini sebagai program kolaborasi antara DPP Partai Perindo dan organisasi kepemudaan, semisal menggaet PB HMI untuk ikut terlibat dalam diskusi.

"Ini cara kami berinteraksi langsung dengan para pemuda yang ada di Jakarta hari ini. Harapan kami nanti bisa membuat kegiatan serupa di berbagai daerah," ucapnya.

Menurut Michael para pemateri yang hadir banyak menyampaikan analisis yang tajam soal Pilkada DKI dan siapa calon paling layak diusung.

"Kami berharap pemuda juga lebih aktif dan mengamati calon-calon siapa saja yang muncul yang akan mereka pilih," katanya.

Senada, Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah diskusi yang digelar merupakan upaya dari Partai Perindo meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan penting di Pilkada DKI.

"Kami buat acara ini, dikemas tematik dan kami juga melibatkan banyak komunitas yang ada, sehingga kegiatan ini menjadi suatu acara untuk sama-sama kolaborasi baik itu partai, masyarakat, komunitas, kepemudaan untuk menyampaikan isu-isu penting," kata Ferry. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilkada Jatim, Partai Perindo Siap Memenangkan Khofifah-Emil Dardak


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler