Anggaran BIN Naik Rp200 Miliar

Selasa, 27 September 2011 – 19:48 WIB
JAKARTA - Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, menyatakan ada kenaikan anggaran untuk Badan Intelijen Negara (BIN) sekitar Rp200 miliarPeningkatan anggaran ini, kata Mahfudz, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, dan kinerja BIN

BACA JUGA: Respon Badan Publik Atas UU KIP Masih Rendah

Apalagi bidang kerja BIN bertambah, tidak hanya menyangkut masalah keamanan saja.

"BIN memang ada kenaikan anggaran
Kenaikannya tidak terlalu besar sih, dari Rp1,2 triliun jadi Rp1,4 triliun

BACA JUGA: Teror Bom, Ambon Siaga Satu

Ya sekitar Rp200 miliar," kata Mahfudz, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (27/9).

Dengan kenaikan anggaran itu, lanjutnya, Komisi I DPR ingin mendorong BIN tidak hanya fokus pada persoalan keamanan, tapi juga pada persoalan keamanan ekonomi, pangan, lingkungan hidup dan energi


"Termasuk masalah cyber crime

BACA JUGA: Polisi: Masih Ada Tujuh Bom Lagi

Jadi penambahan anggaran juga terkait dengan perluasan bidang dan wilayah kerja dan untuk biaya operasional," jelas dia.

Adapun terkait penyelesaian Rancangan Undang Undang Intelijen yang kini tengah dibahas di DPR, Mahfudz menegaskan, aksi bom bunuh diri di Solo tak akan berpengaruh pada penyelesaian RUU itu.

"Penyelesaian RUU Intelijen tetap sesuai jadwal, tidak terkait dalam konteks kasus teroris di SoloApakah nanti RUU ini disahkan, apakah ada perubahan yang dramatis, ya tidak," ujar dia.

Dijelaskan, DPR dan Pemerintah memang membutuhkan waktu untuk menyelesaikan RUU IntelijenMengingat RUU itu, selain mengundang kontroversi, juga memiliki resistensi penolakan yang tinggi dari masyarakat.

Hingga kini, Mahfudz menegaskan, Pemerintah dan DPR sepakat, BIN memiliki kewenangan otoritatif, dan imperatif untuk melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga keamanan lain yang juga memiliki fungsi intelijenMenurut dia, dibutuhkan koordinasi yang cepat antara BIN dan lembaga lainnya.

"Kalau fungsi koordinasi lebih cepat, saya yakin fungsi intelijen untuk early warning yang dilakukan BIN, direspon cepat lembaga terkait," tukas Mahfudz(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pejabat Karir Tak Jamin Netralitas PNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler