Anggaran Naik, Kemendiknas Prioritaskan Infrastruktur

Kamis, 18 Agustus 2011 – 06:37 WIB

JAKARTA - Alokasi anggaran untuk sektor pendidikan kembali ditetapkan sesuai dengan amanat konstitusi, yakni minimal 20 persen dari APBNMenteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M

BACA JUGA: Perda Tidak Ramah BOS akan Ditinjau Ulang

Nuh mengatakan, kementeriannya akan memprioritaskan penggunaan anggaran itu untuk rehabilitasi dan renovasi sekolah rusak.

"Salah satunya di antaranya yang paling banyak adalah untuk rehabilitasi sekolah
(Termasuk) infrastruktur ya," kata Nuh usai peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, kemarin (17/8)

BACA JUGA: Tunjangan Guru, Kemdiknas Siapkan Rp 30,6 Triliun

Untuk tahun 2012, sebanyak Rp 286,6 triliun direncanakan dialokasikan untuk sektor pendidikan
"Besar persisnya 20,2 persen," sambungnya.

Besaran anggaran itu lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya sejak alokasi anggaran sesuai amanat konstitusi, minimal 20 persen

BACA JUGA: Kemendiknas Siapkan Rehabilitasi Serentak

Tahun 2010, anggaran pendidikan mencapai Rp225,2 triliun atau 20 persen dari APBNKemudian tahun ini, jumlahnya mencapai Rp266,9 triliun atau 20,2 persen dari APBN.

Nuh berharap, dengan anggaran tersebut, rencana melakukan renovasi dan rehabilitasi sekolah rusak bisa terealisasiSebelumnya, Nuh pernah mengungkapkan, sebanyak 101 ribu ruang kelas dari sekitar 900 ribu yang harus direnovasi

Dengan estimasi satu ruang kelas berukuran 8 x 9 meter plus selasar, diperkirakan butuh dana sebanyak Rp 120 jutaSehingga total diperkirakan menelan biaya Rp 12 triliun"(Rencana) yang sampaikan kemarin harus didorong cepat dan dirampungkan," katanya.

Selain untuk keperluan infrastruktur, lanjut Nuh, alokasi anggaran pendidikan itu antara lain untuk beasiswa dan BOS (bantuan operasional sekolah)Dia menyebut, dana BOS juga mengalami kenaikan"Sehingga totalnya 23 koma sekian triliun," terang mantan rektor ITS itu.

Dalam pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam penyampaian nota keuangan di Gedung Parlemen (16/8), pemerintah akan memberikan BOS bagi 31,3 juta siswa setingkat SD dan 13,4 juta siswa setingkat" SMPSelain itu juga beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, Bantuan Belajar Mahasiswa, dan Beasiswa Bidik Misi.

Pemerintah juga meningkatkan mutu dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah melalui sertifikasi guru sebanyak 90 ribu orang.

Nuh kembali mengutip pidato Presiden SBY bahwa pemerintah ingin lebih memberikan jaminan dan kepastian pendidikan"Setiap anak bangsa ini bisa mendapatkan pendidikan, khususnya pendidikan dasar," tegasnya(fal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kuota Bidik Misi Terus Ditambah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler