Antara Teror di Magelang dan Yogya dengan Bom di Acara PPP

Kamis, 28 April 2016 – 16:52 WIB
Neta S Pane. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane meminta kepolisian mencermati penembakan di Magelang, Jawa Tengah dan penyayatan di Yogyakarta.

Menurut dia, bukan mustahil aksi itu merupakan pengalihan perhatian terhadap aksi teror ledakan yang menewaskan satu orang usai sebuah acara Partai Persatuan Pembangunan di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Yakinlah, Penembak Misterius di Magelang Bakal Segera Ditangkap

"IPW menilai aksi teror di Magelang dan Yogya sepertinya dilakukan kelompok yang sama, untuk mengalihkan perhatian aparat kepolisian agar tidak fokus memburu pelaku dan jaringan peledakan usai acara PPP di Yogya," kata Neta, Kamis (28/4).

Neta menambahkan, dalam aksi itu pelakunya diduga dua orang menggunakan sepeda motor. "Yang satu pengendara dan satunya lagi adalah pelaku pelemparan," kata Neta. 

BACA JUGA: Rumit, Evaluasi Keuangan Haji Ditunda

Menurut dia, setelah benda tersebut dilemparkan terjadi ledakan keras hingga terdengar beberapa kilometer. Korban tewas yang terkena lemparan atau ledakan itu menderita luka di bagian dada hingga leher. "Hampir mirip seperti luka korban bom bunuh diri di Jalan Thamrin, Jakarta beberapa waktu lalu," ujarnya.

Polisi perlu mencermati kasus ledakan usai di acara PPP itu, apakah sebagai uji coba kelompok tertentu untuk menggunakan jenis "bom baru" atau tidak. "Sebab "bom lempar" yang digunakan berbentuk mini," katanya. 

BACA JUGA: Penembakan Misterius di Magelang, DPR Minta BIN Turun Tangan

Sejauh ini pelaku ledakan di acara PPP belum tertangkap. Anehnya, usai ledakan itu muncul teror penembakan di Magelang dan teror penyayatan serta teror penjabretan di Yogya. IPW mengindikasikan, ada kelompok tertentu yang sengaja membuat keresahan di Jogja dan Magelang yang dikhawatirkan untuk mengalihkan perhatian aparat terhadap aksi aksi teroris. 

"Untuk itu IPW berharap, polisi segera mengungkap dan menangkap pelaku peledakan yang terjadi usai acara PPP di Jogja, untuk membuka tabir apa sesungguhnya yang terjadi," pungkasnya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Sita Alphard dan Jeep Bupati Subang, Ini Fotonya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler