Anugerah Kalpataru Tetap Digelar

Selasa, 09 Februari 2010 – 13:26 WIB
JAKARTA- Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa penilaian anugerah Kalpataru sebagai penghargaan tertinggi dilingkungan hidup tetap perlu dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat berbuat memperbaiki lingkunganSelain, Gusti Muhammad Hatta juga membantah tim penilai tidak objektif dan bermuatan politis dalam memberikan anugerah tersebut.

"Tetap perlu dilanjutkan karena itu penting untuk motivasi para penjaga lingkungan hidup

BACA JUGA: Mafia Hukum Banyak Berasal dari Penegak Hukum

Kita akan tetap memberikan penghargaan Kalpataru," kata Prof Gusti Muhammad Hatta menjawab JPNN, Selasa (9/2).

Selanjutnya dijelaskan Deputi komunikasi publik Men-LH, Hendri Bastaman bahwa proses penilaian Kalpataru tahun 2010 saat ini sudah dimulai
Ditargetkan pada bulan Maret mendatang, seluruh pengajuan siapa yang berhak menerima Kalpataru sudah bisa diterima Kemenneg-LH.

"Nanti dari pengajuan ini kita akan melakukan tinjauan ke lapangan

BACA JUGA: Anugerah Kalpataru Diminta Dihentikan

Melihat kondisi riil dari para calon penerima Kalpataru
Seperti biasa, sekitar bulan Juni 2010 nanti sudah ada penentuan siapa yang berhak mendapatkan Kalpataru," kata Hendri.

Hendri membantah bila dikatakan pemberian Kalpataru rentan muatan politis dan tidak obyektif

BACA JUGA: Cuaca Sebagian Indonesia Buruk

Karena untuk menentukan yang berhak mendapatkan Kalpataru, Menneg-LH tidak bekerja sendiri melainkan melibatkan tim independen.

"Menneg-LH hanya unsurnya saja, sementara tim bekerja secara independen melakukan penilaianJadi tidak ada intervensi pemerintah sama sekali dalam penetapan pemenangJustru tim ini sangat-sangat independen dan obyektif karena unsur yang bergabung sangat kredibel, baik dari LSM, tata ruang dan kalangan akademisi," jelas Hendri.

Bahkan kata Hendri, tim independen ini tidak hanya bekerja saat penentuan calon pemenang saja melainkan juga diperlukan untuk tindaklanjut penilaian"Kalau ada penerima Kalpataru yang ternyata bermasalah dan Kalpatarunya akan dicabut, maka tim independen ini yang akan melakukan peninjauan langsung ke lapanganSetelah itu baru ada rekomendasi dari Menteri," katanya.

Sebagai informasi, sebelumnya anggota komisi VII DPR RI, Azwir Dainy Tara meminta pemerintah untuk menghentikan pemberian KalpataruKarena pemberian penghargaan tertinggi untuk penggiat lingkungan hidup tersebut dinilai tidak lagi berjalan secara obyektif.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... ABG Cantik Sidoarjo Tiga Hari Menghilang di Tangerang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler