APBD Bandung Baru Terserap 20 Persen

Rabu, 08 September 2010 – 11:40 WIB
BANDUNG - Hingga Agustus 2010, baru 20 persen ABPD terserap.  Padahal, seharusnya, keterserapan APD tahun 2010 minimal 50 persen lebihDPRD Jabar menilai hal ini lantaran masih rendahnya kinerja eksekutif.
           
"Saya beberapa minggu lalu bertemu dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Pemprov Jabar

BACA JUGA: Jumlah TKI Datang Meningkat 90 persen

Mereka mengungkapkan keterserapan APBD tahun ini baru sekitar 20 persen
Saya menyayangkan hal ini, seharusnya pada bulan Agustus APBD sudah dibelanjakan sekitar 50 persen  lebih," jelas Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PDIP, Rudy Harsa Tanaya.
           
Rudy menyatakan, jawaban TAPD saat dimintai keterangan terkesan lempar tanggungjawab

BACA JUGA: Jalur Nagreg Terancam Ditutup

Untuk itu, ke depan Rudi mengharapkan kinerja ekskutif harus diperbaiki
Agar penyerapan anggaran lebih otimal, sehingga pelayanan  pemerintah kepada masyarakat bisa secepatnya tersalurkan.
          
Pemprov terkesan lambat memberikan bantuan langsung kepada kabupaten/kota

BACA JUGA: Awasi Sopir Mabuk

Padahal, mekanisme pemberian bantuan tidak terlalu sulitDalam satu hari saja anggaran tersebut bisa tersalurkan melalui rekening pemerintah (kas daerah) masing-masing kabupaten/kota Namun, hingga pertengahan Agustus 2010, anggaran tersebut belum juga tersalurkan.
           
"Saya masih bisa memahami jika anggaran untuk program atau kegaiatn yang ditenderkan belum dilakukan, karena memerlukan proses yang tidak sebentarKalau sifatnya bantuan langsung kan bisa segera dilaksanakanNamun mengapa belum juga terlaksana?," ungkapnya.
           
Sorotan juga datang dari anggota Banggar DPRD Jabar Doni Achmad Munir, yang mendesak agar pemprov segera menyerahkan draf perubahan kebijakan umum anggaran (KUA) prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun 2010 ke DPRD JabarPerubahan KUA PPAS tersebut sebagai tahap awal untuk membahas APBD perubahan 2010.
           
"Hingga saat ini ajuan dari eksekutif tentang perubahan KUA PPAS belum kita terimaSaya mengharapkan draf ajuannya segera disampaikan ke DPRD untuk dibahasKarena untuk membahas APBD perubahan KUA PPAS-nya dulu yang harus  diubahSetelah KUA PPAS diubah, maka kita langsung membahas APBD perubahan," jelas Dony(mur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok Satpol PP Bandung Operasi Pembersihan Gepeng


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler