APBD Batam Defisit, Uang Makan Guru Dipotong

Kamis, 22 Desember 2011 – 11:00 WIB

BATAM - Sejak September 2011 sebanyak 5.200 guru di Batam tidak lagi menerima uang makan sebesar Rp400 ribu yang rutin mereka terima pada bulan-bulan sebelumnyaKhusus untuk bulan Desember 2011, mereka juga kehilangan uang kondisi yang besarnya Rp850 ribu.   

Seorang guru SMP negeri di Batam Kota mengungkapkan, tidak ada penjelasan kepada para guru atas berkurangnya tunjangan bulanan itu

BACA JUGA: Besi Tower PLN Dicuri

"Tiba-tiba kita nggak terima aja sejak habis Lebaran," katanya


Guru lain, yang juga mengajar di SMP negeri di Batam Kota, mengatakan khusus untuk uang kondisi sebesar Rp850 ribu, Dinas Pendidikan berdalih sudah dibagikan saat pembayaran gaji ke-13 Juli lalu

BACA JUGA: Giliran Kantor Bupati Bireuen Diteror Bom

"Ini kan kesannya akal-akalan saja
Padahal, tahun-tahun sebelumnya tiap terima gaji ke-13, tunjangan kita tidak dipotong," katanya

BACA JUGA: Konflik Rawagede Mencair



Insentif para guru negeri dan swasta dipangkas separuhnya sejak September 2011 laluNamun, tahun depan, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, memastikan besaran insentif guru akan kembali normal.

Wali kota menjelaskan, insentif guru merupakan tambahan penghasilan dan peningkatan kesejahteraan bagi guruInsentif tersebut bukan kewajiban daerahSehingga pemberiannya disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

Menurut Dahlan, dari awal pemerintah berkomitmen memberikan insentif bagi para guru, baik guru PNS maupun guru swasta masing-masing sebesar Rp400 ribu per bulanNamun karena anggaran 2011 mengalami defisit, insentif guru terpaksa dipangkas hingga 50 persen"Bukan dipotong, tapi dikurangi," kata Dahlan, berdiplomasi.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin, menyampaikan insentif bagi 5.200 guru, terdiri dari guru PNS dan guru swasta di Batam, dikurangi sejak September hingga Desember 2011Sejak September insentif yang diterima para guru menjadi Rp200 ribu dari sebelumnya sebesar Rp400 ribu per bulan.

Muslim juga menegaskan tidak akan ada rapelan untuk pengurangan insentif tersebut pada 2012Namun pihaknya telah mengusulkan, insentif guru pada 2012 kembali normal atau minimal Rp400 ribu per orang per bulan.

"Sebenarnya kita sudah ajukan ada rapelan insentif guru pada APBD Perubahan 2011Tapi tidak diakomodir," kata Muslim Bidin usai rapat pembahasan rencana kerja anggaran APBD 2012 di Komisi IV DPRD Batam, beberapa waktu lalu.(par)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kontras Dampingi Kasus Terbunuhnya Anak Wartawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler