Apresiasi Penggerak Budaya, Kemendikbudristek Bakal Gelar Anugerah Kebudayaan 2024

Sabtu, 14 September 2024 – 11:57 WIB
Kemendikbudrsitek akan menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2024 dengan mengusung tema 'Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya' di Jakarta pada 17 September nanti. Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) pada tahun ini.

Acara yang akan berlangsung pada 17 September 2024 di Jakarta ini, mengusung tema 'Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya'.

BACA JUGA: Festival Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung Jilid 3: Angkat Tradisi Mandi ke Aek

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek Restu Gunawan menekankan pentingnya penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada para pelaku budaya.

"Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada para penggerak budaya yang telah berdedikasi dan berkontribusi dalam upaya pemajuan kebudayaan. Itulah yang menjadi inspirasi tema AKI tahun ini," ujar Restu dikutip, Sabtu (14/9).

BACA JUGA: Festival Bekarang Lopak Sepang 2024, Tradisi Memanen Ikan di Lubuk Larangan

Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada individu atau lembaga yang berprestasi dan berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari amanat Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pemberian Penghargaan Kebudayaan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

BACA JUGA: Festival Bekarang Lopak Sepang jadi Cara Ampuh Menjaga Kelestarian Sungai Batanghari

Lebih lanjut Restu menyampaikan penghargaan ini tidak sekadar sebuah seremoni.

Namun, bentuk apresiasi yang mendalam atas konsistensi para pelaku budaya dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.

“Apa yang mereka lakukan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk memajukan budaya secara bersama-sama,” pungkasnya.

Sebagai bukti nyata dari dampak Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI), para penerima penghargaan tahun sebelumnya merasakan manfaat yang signifikan, baik secara pribadi maupun kelembagaan.

Penghargaan ini bukan hanya menjadi bentuk apresiasi, tetapi juga memberikan dukungan nyata dalam melanjutkan dan mengembangkan upaya pelestarian budaya.

Testimoni dari penerima AKI 2023 menggambarkan bagaimana penghargaan ini turut memperkuat komitmen mereka dalam menggerakkan kebudayaan di Indonesia.

Salah satu penerima AKI 2023, Asep Nata, etnomusikolog asal Bandung yang menerima penghargaan kategori Pelopor dan Pembaru menyampaikan penghargaan ini membawa kebanggaan bagi dirinya dan keluarga.

"Banyak respons positif dan bangga yang saya dan keluarga besar rasakan terhadap aktivitas budaya yang saya geluti. Dana pembinaan yang diberikan juga sangat bermanfaat untuk keluarga saya, serta mendukung dalam mengembangkan berbagai inovasi, khususnya pada bidang etnomusikologi," ujar Asep.

Senada dengan itu, Ketua Masyarakat Peduli Sejarah Aceh yang mendapat penghargaan AKI 2023 kategori Pelestari Mizuar Mahdi, menambahkan bahwa penghargaan ini memperkuat eksistensi lembaganya.

“Masyarakat Peduli Sejarah Aceh semakin diperhitungkan serta ditunggu setiap gerak kerja dan hasil kajiannya.

Dana pembinaan yang diterima dari AKI dapat digunakan untuk pengembangan sekretariat dan museum mini yang sedang dikembangkan,” ujar Mizuar.

AKI 2024 akan membagi penerima penghargaan dalam dua jenis.

Pertama, yaitu Tanda Kehormatan dari Presiden Republik Indonesia, yang terdiri dari Bintang Budaya Parama Dharma dan Satyalancana Kebudayaan.

Kemudian, penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yang mencakup kategori Maestro Seni Tradisi, Pelestari, Pelopor dan/atau Pembaru, Lembaga dan Perorangan. (mcr10/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler