Arema v Persiwa 4-0: Balik Runner Up

Jumat, 11 Februari 2011 – 14:34 WIB
MALANG - Dominasi Semen Padang selama hampir satu bulan di posisi runner up klasemen sementara Indonesia Super League (ISL), berakhir kemarinDan tim yang mengambil alih posisi runner up itu adalah Arema.

Tim berjuluk Singo Edan ini sukses menempel capolista (pemuncak klasemen sementara) Persipura, lewat tambahan tiga poin setelah menaklukkan Persiwa 4-0 (2-0) di Stadion Kanjuruhan, sore kemarin

BACA JUGA: Argentina v Portugal 2-1: Milik Messi

Empat gol Arema masing-masing disarangkan Ahmad Bustomi (23), M Ridhuan (34), serta Ahmad Amirudin (menit ke-76 dan 89).

Dengan kemenangan ini, Arema mengemas 26 poin
Raihan poin ini sebenarnya sama dengan Semen Padang yakni 26 poin

BACA JUGA: Dicoret Timnas, Jordy Gabung Klub LPI

Hanya saja, Arema lebih unggul selisih gol
Arema surplus 16 gol (25-9) dan Semen Padang surplus 6 gol (21-15).

Bagi Arema, berada di posisi runner up bukan yang pertama

BACA JUGA: Rivai dan Tutuq Widodo Dibidik Perseman

Sebab sejak matchday (pertandingan) kedua hingga kesembilan, Arema selalu berada di posisi kedua klasemen di bawah PersipuraDan di akhir putaran pertama, Arema kembali ke jalur runner up.

Pada laga kemarin, tuan rumah Arema sangat dominan atas tim tamu Persiwa WamenaTim berjuluk Badai Pegunungan Tengah itu lebih banyak menunggu peluang untuk melakukan serangan balikAkibatnya, gelontoran serangan Arema begitu gencar ke pertahanan Persiwa.

Melalui dua sektor sayap Arema yang diisi Musafry dan M Ridhuan, banyak umpan crossing yang langsung mengarah ke depan mulut gawang PersiwaSatu peluang emas dimiliki Alam Shah hasil umpan Chemelo Roman dari sektor kanan pertahanan PersiwaNamun, heading Alam Shah sama sekali tak akuratPadahal saat itu posisi kiper Persiwa Galih Firmansyah sudah out position alias mati langkahPeluang berikutnya dimiliki RomanHeading bola hasil umpan Ahmad Bustomi juga terlalu lemah hingga terbuang sia-sia.

Kebuntuan Arema baru terpecahkan di menit ke-23, kala tendangan bola mati Ahmad Bustomi gagal dihadang kiper Persiwa, Galih FirmansyahSebenarnya antisipasi kiper Persiwa asal Pagelaran itu sudah cukup bagusHanya, karena bola berbelok arah setelah membentur rekannya, ia pun tak mampu menjangkau bola yang masuk ke gawangnya.

Gelombang serangan Arema berikutnya kian sulit dibendung PersiwaGiliran M Ridhuan di menit ke-34 yang melesakkan gol lewat heading memanfaatkan set piece (tendangan bola mati) Chmelo Roman.

Tertinggal dua gol, pemain Persiwa mulai bangkitAnak asuh Suharno ini seolah lepas dari tekanan yang mencekam mental mereka sejak kick offBeberapa serangan cepat Persiwa sempat merepotkan pertahanan AremaBahkan Erick Weeks nyaris membikin gol.

Beruntung penampilan kiper Arema Ahmad Kurniawan sangat cemerlangIa beberapa kali melakukan aksi penyelamatan gawangnya dari kebobolan"Saya menilai man of the match hari ini (kemarin) adalah Ahmad Kurniawan," puji Miroslav Janu, pelatih Arema, seusai pertandingan.

Unggul dua gol bagi Arema belum cukupMereka masih terus melakukan permainan ofensif di babak keduaPersiwa pun tak mau kalahDengan mengandalkan kecepatan speed pemain, Persiwa juga terus menekanLini pertahanan Arema yang dikawal Purwaka Yudhi dan Waluyo sempat kocar-kacirBahkan lini pertahanan Arema, termasuk kiper Ahmad Kurniawan, hanya bisa melongo saat tandukan Erick Weeks mengarah ke gawang AremaUntungnya, bola masih membentur tiang gawang Arema.

Sebaliknya, konsentrasi Persiwa yang ingin membalas gol justru menjadi blunderSedikit kelengahan lini belakang dimanfaatkan Ahmad Amirudin yang menggantikan peran Musafry untuk memperdayai kiper Galih FirmansyahKemenangan Arema kian lengkap, setelah Amirudin untuk kali kedua mencetak gol di menit ke-89, memanfaatkan kesalahan bek Persiwa Sasa Bacevic"Kalau anak-anak bisa lebih tenang, mestinya kami bisa menang enam gol," ungkap Janu pula.

Meski begitu, Janu sudah merasa cukup puas dengan penampilan anak asuhnyaMeski komposisi pemain tak komplet, namun berkat kerja keras dan kolektivitas, mampu menang dengan skor lumayan besar"Saya harus sampaikan terima kasih kepada pemainMereka telah berjuang keras hingga berhasil menyapu bersih seluruh poin di kandang," tegas Janu.

Sementara itu, pelatih Persiwa Suharno menyatakan bahwa kekahalan ini akibat anak asuhnya antiklimaksKarena dari lima laga terakhir, Persiwa belum pernah kalahBahkan katanya, pemainnya masih (dalam kondisi) euforia setelah menahan imbang Persipura 1-1 di Stadion Mandala, Jayapura (25/1)"Kami sudah bisa menerima kekalahan iniAnak-anak sudah berjuang keras," tandas Suharno(did/abm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakal Calon Ketum PSSI Jadi Empat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler