ASDP Pastikan Tambah Frekuensi Pelayaran Saat Mudik Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 – 19:53 WIB
Kapal RoRo tujuan Telagapunggur-Tanjunguban, Bintan, yang dikelola ASDP. Foto: slamet nofasusanto/batam pos

jpnn.com, BATAM - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) berencana menambah frekuensi pelayaran dari Pelabuhan Telaga Punggur, Batam, Kepri ke beberapa rute.

Salah satu rute yang dipastikan akan ditambah jadwal pelayarannya yakni Telagapunggur, Batam menuju Tanjunguban, Bintan. Sementara untuk rute lainnya, masih dikaji pihak ASDP Telagapunggur.

BACA JUGA: Penerapan Oneway Saat Arus Mudik Diharapkan bisa Urai Kemacetan

“Rute Batam Telagapunggur ke Tanjunguban ini rencananya saat mudik Lebaran akan beroperasi dari pukul 07.30 hingga 20.00 WIB. Normalnya cuma beroperasi hingga pukul 18.00,” kata General Manager (GM) ASDP Telagapunggur, Media Syharianto, Kamis (9/5).

Selain rute ini, Media mengatakan ASDP juga melayani rute Telagapunggur menuju Mengkapan, Buton.

BACA JUGA: Tiket Pesawat Mahal, Mudik Lewat Jalur Laut Jadi Pilihan Pemudik

BACA JUGA: Rekapitulasi KPU Bali: Suara Jokowi - Ma'ruf 2,3 Juta, Prabowo - Sandi Raih 212 Ribu

Rute ini dilayani dua kapal yang berangkat setiap Senin pukul 14.00, Selasa pukul 13.00, Jumat pukul 13.00 dan Sabtu pukul 14.00. “Ini rute langsung, jadi tidak ada transit,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pergerakan Kendaraan di Jalan Tol Selama Mudik Lebaran Perlu Perhatian Khusus

Lalu, ASDP melayani rute Telagapunggur ke Dabo Singkep. Ada satu kapal yang beroperasi di rute ini, yang melayani pelayaran setiap Senin dan Kamis pukul 17.00.

Lalu, rute Telagapunggur menuju Tanjungbalai, Karimun yang berlayar setiap Selasa pukul 09.00, Jumat pukul 13.00 dan Minggu pukul 10.00.

Selain rute-rute ini, ada satu rute yang juga dikelola pihak swasta yakni Batam menuju Kualatungkal, Jambi. Rute ini terbilang cukup baru, nantinya akan dilayani satu kapal yang berangkat setiap Rabu.

“Kami juga memiliki rute dari Tanjungpinang menuju Dabo, lalu Tanjungpinang ke Tanjungbalai, Karimun ke Mengkapan (Buton), Tanjungbalai ke Kundur, Dabosingkep ke Kualatungkal dan Dabosingkep ke Penarik,” katanya.

Jelang mudik, kata Media, kemungkinan belum ada penambahan kapal. Namun, pihak ASDP hanya mengubah pola operasi. “Untuk pembelian tiket bisa dilakukan di loket-loket yang sudah disediakan di Pelabuhan Telagapunggur,” ucapnya.

Perketat Pengamanan di Pelabuhan

Jajaran Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Polresta Barelang mengintensifkan patroli di kawasan pelabuhan. Hal ini bertujuan mengantisipasi masuknya barang-barang ilegal melalui pelabuhan.

Kapolsek KPPP, AKP Syaiful Badawi mengatakan, untuk mencegah terjadinya tindak kriminal maupun kejahatan terhadap para penumpang kapal, pihaknya selalu menempatkan personel di pelabuhan untuk melaksanakan pengaman dan pengawasan.

“Jika ada kapal yang mau berangkat maupun kapal yang datang, kita lakukan pengecekan dan pemeriksaan seluruh barang bawaan penumpang,” kata Badawi.

Pengecekan itu bertujuan untuk mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan. Pihaknya selalu memberikan imbauan kepada para penumpang kapal, baik kepada penumpang yang akan berangkat maupun penumpang yang datang agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap barang bawaanya maupun barang berharga lainnya.

BACA JUGA: Sejumlah Petahana Diperkirakan Tergusur, Kursi Legislatif Didominasi Wajah Baru

“Saya meminta kepada semua pihak yang ada di pelabuhan untuk sama-sama menjaga suasana kondusif di pelabuhan. Informasikan pada kita jika melihat sesuatu yang mencurigakan,” katanya.

Selain pengawasan dan pemeriksaan, petugas juga mencari informasi dari masyarakat maupun dari tenaga bongkar muat di pelabuhan. Hal ini dilakukan, untuk mengetahui apakah ada barang terlarang yang dibawa para penumpang yang akan masuk ke Batam.

“Sejauh ini saat mudik kemarin, kami belum menemukan barang-barang terlarang. Kami akan terus perketat pengamanan sampai arus balik nanti,” imbuhnya. (ska)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Terapkan One Way di Tol Trans Jawa untuk Lancarkan Arus Mudik, Ini Jadwalnya


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler