ASEAN Foundation Gandeng Konten Kreator Kampanye Kebaikan Lewat TikTok

Rabu, 21 Agustus 2024 – 00:00 WIB
ASEAN bersama TikTok mengadakan kampanye kebaikan di media sosial. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - ASEAN Foundation dan TikTok meluncurkan program baru, "ASEAN LIVE Creators for Change" di Kantor Pusat ASEAN/Sekretariat ASEAN. Peluncuran tersebut berteparan dengan perayaan Hari ASEAN ke-57 di Jakarta:

Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Piti Srisangnam mengatakan program tersebut akan menggandeng konten kreator di seluruh Asia Tenggara yang selama ini telah memanfaatkan platform konten media sosialnya untuk kampanye kebaikan. Mulai dari berbagi informasi soal pendidikan dan kewirausahaan hingga lingkungan.

BACA JUGA: Upaya Autodesk ASEAN Mendongkrak Kualitas Pendidikan di Daerah 3T

“Lewat keterampilan mereka dalam menyusun narasi yang menarik dengan berbagi perspektif beragam, sehingga mampu menarik audiens dan didukung fitur siaran langsung di TikTok,” kata Srisangnam melalui siaran pers diterima, Selasa (20/8).

“Jadi program ini bertujuan untuk mempromosikan topik-topik utama yang penting di wilayah tersebut,” imbuh dia.

BACA JUGA: Indonesia Usung Implementasi LCT Sebagai Quick Win dalam Pertemuan ASEAN

Srisangnam mengatakan program ASEAN LIVE Creators for Change akan menggandeng 20 konten kreator dari 10 Negara Anggota ASEAN.

Mereka bakal dipilih untuk menyoroti multi isu seperti pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan pariwisata.

BACA JUGA: Ungguli Ratusan Perusahaan di ASEAN, Pertamina Raih Enterprise Innovation Awards 2024

Dia percaya program baru tersebut menandai langkah penting ASEAN Foundation dalam memenuhi mandatnya untuk memperkuat hubungan antar masyarakat.

Termasuk, membekali individu dengan keterampilan masa depan dan memperdalam kesadaran identitas soal ASEAN.

"Program ini memberikan kesempatan unik untuk melibatkan para pembuat konten dari 10 negara ASEAN yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan manfaat menjadi bagian dari Komunitas ASEAN dan menumbuhkan ruang online yang dinamis untuk pertukaran ide," kata Srisangnam.

Sementara itu, Head of Trust & Reputation TikTok Live, Jane Sea mengatakan ASEAN LIVE Creators for Change akan membantu mempromosikan TikTok Live sebagai platform penyedia ruang belajar yang aman, mudah diakses, dan menarik.

Inisiatif baru ini, kata Sea, menghadirkan peluang unik bagi TikTok menampilkan platformnya sebagai katalis perubahan sosial yang positif. Caranya, dengan memperkuat suara dari berbagai latar belakang kreator di ASEAN dan mengatasi masalah sosial-budaya.

"Peluncuran program ini bersama ASEAN Foundation menandai momen penting dalam komitmen kami untuk memanfaatkan fitur siaran langsung di TikTok sebagai alat yang ampuh untuk kebaikan sosial,” ujar Sea.

“Kami sangat senang kreator TikTok LIVE kami di Asia Tenggara dapat membuat konten real-time tentang topik penting sosial-budaya dan membangun komunitas yang sangat terlibat," sambung Sea.

Sea menjelaskan nantinya konten kreator terpilih akan menyelenggarakan sesi TikTok Live di akun masing-masing selama sekitar enam bulan. Menariknya, demi mendukung sesi Live, ada hadiah yang akan diberikan kepada mereka.

“Sebelum memulai sesi TikTok Live, semua kreator perlu mengembangkan rencana dan memilih tema yang selaras dengan keahlian dan minat mereka,” kata Sea.

Sea memastikan TikTok juga akan memberi pelatihan kepada konten kreator terpilih untuk meningkatkan kualitas konten dan bagaimana agar tetap aman saat menggunakan TikTok Live dengan mematuhi Pedoman Komunitas TikTok.

“Konten kreator juga akan menerima wawasan tentang ASEAN yang disesuaikan dengan minat spesifik mereka. Hal itu membantu mereka menarik lebih banyak pemirsa dan meningkatkan kesadaran tentang ASEAN,” pungkas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024 Dorong Lahirnya Pebisnis Muda


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TikTok   ASEAN   Kampanye   media sosial  

Terpopuler