Atasi Kerutan di Wajah dengan 7 Makanan Sehat Ini

Minggu, 11 Desember 2022 – 05:55 WIB
Ilustrasi buah pepaya. Foto: hallosehat

jpnn.com, JAKARTA - SETIAP wanita tentu saja ingin kulit wajah mereka selalu terlihat awet muda dan bebas kerutan.

Namun, setelah melewati usia tertentu, tanda-tanda penuaan seperti noda, lingkaran bawah mata, kerutan, dan kusam mulai terlihat di wajah kita.

BACA JUGA: Cegah Timbulnya Uban dengan 5 Makanan Sehat dan Bergizi Ini

Banyak wantai menggunakan produk yang berbeda untuk masalah kulit yang berbeda.

Kita bahkan mencoba perawatan kulit yang menjanjikan, tetapi hasilnya bervariasi dari wanita yang satu ke wanita yang lain.

BACA JUGA: Ingin Wajah Terlihat Awet Muda dan Bebas Kerutan, Lakukan 7 Hal Ini

Namun, saat mengkhawatirkan masalah kulit, satu hal yang kurang kita khawatirkan (atau benar-benar lupa untuk dikhawatirkan) adalah pola makan.

Kulit cantik dan bercahaya dimulai dengan pilihan makanan yang baik dan asupan air yang sehat.

BACA JUGA: 5 Makanan Sehat Ini Bantu Kontrol Gula Darah Anak yang Menderita Diabetes

Jika Anda ingin menghindari kulit keriput, saatnya kamu melakukan perubahan pola makan, karena makan makanan bergizi bisa memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Makanan yang dikemas dengan nutrisi antipenuaan bisa melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya dan kerusakan lingkungan lainnya, serta memberi Anda kulit yang tampak lebih muda dengan melakukan keajaiban dari dalam.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Firstcry.com.

1. Pepaya

Makanan sehat ini kaya akan antioksidan, vitamin A, C, E, dan K, serta mineral yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi garis halus dan kerutan.

Pepaya bahkan mengandung enzim yang disebut 'papain', yang berfungsi sebagai senyawa antiinflamasi dan memberikan manfaat antipenuaan.

2. Brokoli

Brokoli menjadi sangat populer di kalangan orang yang sadar kesehatan saat ini karena berbagai manfaat yang ditawarkannya.

Sifat antipenuaan dan antiinflamasi brokoli membuatnya sangat baik untuk kulit.

Sayuran kaya vitamin C ini juga membantu produksi kolagen, protein penting dalam tubuh, yang menjaga kulit tetap sehat dan kencang.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya nutrisi dan sumber lemak baik.

Mereka juga merupakan gudang antioksidan yang bisa membantu Anda melawan radikal bebas, penyebab utama penuaan.

Alpukat juga mengandung Vitamin A, C, E, dan K, serta nutrisi penting lainnya.

Kandungan vitamin A dalam alpukat membantu melepaskan sel kulit mati, membuat kulit bercahaya.

4. Bawang putih

Sayuran mungil ini dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak menyukai rasa bawang putih yang menyengat, kamu mungkin tidak akan keberatan menghadapinya begitu Anda merasakan manfaat makan bawang putih.

Antioksidan dan polifenol yang ditemukan dalam bawang putih membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang merusak produksi kolagen.

5. Wortel

Wortel adalah sumber vitamin C yang ideal yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh Anda, sehingga meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, wortel juga tinggi serat dan air, yang menjadikannya buah yang ramah kulit.

6. Bayam

Bayam adalah sumber beta-karoten dan vitamin C yang baik, yang sekali lagi meningkatkan produksi kolagen, memberi Anda kulit halus dan tampak segar.

Itu juga dikemas dengan berbagai antioksidan, seperti Koenzim (CoQ10), yang membantu melawan radikal bebas di sel-sel tubuh Anda.

Tubuh kita membuat antioksidan ini secara alami, tetapi, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi CoQ10 menurun, membuat kulit kita rentan terhadap kerusakan.

7. Kacang

Kacang-kacangan, terutama almond, merupakan sumber vitamin E yang baik, yang membantu memperbaiki kulit dan melindunginya dari sinar UV yang berbahaya.

Demikian pula, kenari mengandung asam lemak Omega-3 antiinflamasi yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, membuatnya bercahaya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler