Atasi Mual yang Mengganggu dengan 6 Pengobatan Alami Ini

Selasa, 04 Juli 2023 – 02:01 WIB
Lemon. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SETIAP orang pasti pernah mengalami mual. Mual adalah sensasi mual di perut bagian atas, dada, dan belakang tenggorokan yang terasa seperti ingin muntah.

Meskipun biasanya tidak menyakitkan, mual menyebabkan perasaan tidak enak dan tidak nyaman yang bisa membuat Anda lemah.

BACA JUGA: Anda Sering Mual Setelah Minum Kopi, 3 Hal Ini Biang Keroknya

Mual sangat umum dan biasanya hilang dengan sendirinya ketika apapun yang memicu mual teratasi.

Ini bisa dipicu oleh kehamilan, bau tertentu, makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, makan makanan tertentu, pemandangan dan emosi tertentu, mabuk kendaraan, terapi medis tertentu, atau kondisi yang mendasarinya.

BACA JUGA: 8 Pengobatan Alami yang Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan

Sebagian besar kasus mual ringan dan sembuh dengan sendirinya, tetapi beberapa bisa parah dan mungkin memerlukan perawatan medis atau pengobatan lain.

Dalam banyak kasus, pengobatan dan perawatan sederhana di rumah bisa membantu menenangkan gejala Anda, meredakan ketidaknyamanan kamu, atau bahkan mencegah terjadinya mual.

BACA JUGA: Redakan Sakit Kepala dengan 4 Pengobatan Alami Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Khealth.com.

1. Jahe

Jahe dikenal dan terbukti sebagai antiemetik yang sangat efektif.

Ini berarti membantu meringankan gejala mual dan muntah dan, dalam banyak kasus, biaa membantu mengatasi mabuk perjalanan dan juga kembung.

Beberapa orang memilih untuk mengunyah jahe mentah dalam potongan kecil untuk membantu meredakan mual.

Anda juga bisa menyeduh jahe menjadi minuman panas seperti teh atau kaldu, dan memasukkannya dalam dosis yang lebih tinggi saat memasak.

Ini bisa membantu menutupi rasa jahe yang kuat, terutama jika Anda merasa tidak enak.

Jahe umumnya merupakan pengobatan alami yang sangat aman dan umum untuk meredakan gejala mual, dan kamu bisa memilih untuk menghindarinya jika alergi atau tidak toleran terhadap jahe.

2. Peppermint

Studi menunjukkan bahwa menghirup minyak esensial peppermint telah membantu pasien mengatasi gejala mual dan muntah

Bahan mentol dalam peppermint menenangkan dan merilekskan perut serta bisa menyegarkan bagi mereka yang merasa mual.

Peppermint bisa dihirup melalui aromaterapi atau dikonsumsi dalam teh juga.

Beberapa orang memilih untuk mengunyah permen mint atau permen karet rasa peppermint untuk mendapatkan efek yang sama.

3. Irisan lemon

Lemon terdiri dari asam penetral yang menghasilkan senyawa bikarbonat yang membantu meredakan sakit perut dan meredakan rasa mual.

Menghirup jus lemon segar, minum teh yang dicampur dengan ekstrak lemon, atau mencium aroma jeruk lemon bisa mengalihkan otak Anda dari rasa mual dan meredakan gejalanya.

Untuk meredakan sakit perut dan mengembalikan cairan tubuh Anda setelah muntah atau diare, kamu juga bisa minum soda atau minuman air yang dicampur dengan jus lemon segar.

4. Kontrol Pernapasan

Menarik napas dalam-dalam dan terkontrol terbukti efektif mengendalikan mual dan muntah pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Latihan pernapasan dengan kecepatan lambat dan stabil bisa membantu meredakan rasa mual dan juga membantu merilekskan tubuh menggunakan meditasi mindfulness.

Ini membantu mengalihkan fokus dari sensasi mual yang tidak menyenangkan ke keadaan pikiran yang rileks dengan menggunakan teknik pernapasan terkontrol.

5. Duduk tegak

Duduk tegak setidaknya satu jam setelah makan bisa membantu tubuh Anda mencerna dan meredakan gejala mual, kembung, atau gangguan pencernaan.

Meskipun tidak nyaman atau melelahkan, cobalah untuk tidak meringkuk dan membuat perut Anda semakin kram.

Berbaring dalam berbagai posisi membuat Anda merasa lebih buruk.

Jika Anda ingin berbaring, sangga punggung dan kepala kamu menggunakan bantal sehingga ada banyak ruang untuk udara melewati sistem Anda dan makanan untuk dicerna.

6. Kayu manis

Rempah ini populer di seluruh dunia dan dikenal dengan berbagai khasiat obatnya.

Bisa digunakan dalam teh, makanan pencuci mulut, dan masakan serta membantu mengontrol kadar gula darah, kesehatan usus, dan gejala mual.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler