Audy Joinaldy: Sumbar Masih Butuh Ribuan Dokter Umum

Minggu, 29 Januari 2023 – 07:30 WIB
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. (ANTARA/Dok Diskominfotik Sumbar)

jpnn.com - PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan bahwa Sumbar masih membutuhkan ribuan dokter umum.

Menurut Audy, Sumbar masih kekurangan ribuan dokter umum untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat.

BACA JUGA: Dokter di Tiongkok Disarankan Tidak Menulis COVID Sebagai Penyebab Kematian

"Sumbar masih butuh ribuan dokter umum agar rasio 1 dokter per seribu penduduk sesuai standar WHO bisa tercapai hingga pelayanan kesehatan bisa lebih maksimal," kata Audy Joinaldy di Padang, Sabtu (28/1) saat menghadiri pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Barat periode 2022-2025.  

Menurutnya, untuk mengatasi kekurangan dokter umum itu perlu dipertimbangkan membuka Fakultas Kedokteran yang baru di daerah tersebut, agar jumlah lulusan bertambah.

BACA JUGA: Sumbar Jadi Tuan Rumah POMNAS XVII, Wagub Audy Joinaldy Apresiasi Menpora Amali

Dengan demikian, pelayanan kesehatan hingga ke daerah-daerah bisa lebih merata.

Akan tetapi, meski jumlah dokter umum masih kurang, dia mengakui peran dokter dan tenaga kesehatan yang ada saat ini sangat besar terutama saat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Klinik dan Dokter Umum Perlu Dukungan Teknologi Digital

"Kita tahu peran dokter dan IDI di Sumatera Barat amat besar. Selama masa Covid-19, kawan-kawan ini berjibaku, menjadi pahlawan yang sangat membantu dalam pengobatan dan pengendalian virus tersebut sekaligus untuk vaksinasi," katanya.

Terkait pelantikan IDI Sumbar, Audy berharap IDI dan Pemerintahan Provinsi Sumbar dapat terus berkolaborasi dengan solid untuk menjawab tantangan ke depan.

Menurut dia, tantangan ke depan banyak, seperti penurunan stunting, percepatan imunisasi anak dan lain sebagainya.

“Kami harapkan pengurus baru ini selalu kompak, solid dan selalu berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan berbagai pihak lain," ungkap Audy Joinaldy.

Sebelumnya Ketua Umum PB IDI dr. Adib Khumaidi, Sp. OT resmi melantik pengurus IDI Wilayah Sumbar periode periode 2022-2025.

Adapun yang dilantik sebagai Ketua Umum hingga empat tahun ke depan, yaitu Dr. dr. Roni Eka Sahputra SpOT (K) Spine yang terpilih pada Musyawarah Wilayah IDI Sumbar di Tanah Datar pada  November 2022. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Audy Joinaldy   sumbar   dokter   Dokter Umum   IDI  

Terpopuler