Tanpa adanya sistem navigasi terpasang di mobil atau di ponsel – banyak dari kita akan kesulitan menemukan jalan di sekitar area baru, melacak pengiriman makanan – lantaran alat ini telah menjadi alat yang berharga untuk kehidupan sehari-hari.

Tetapi tahukah Anda bahwa alat navigasi itu tidak seakurat yang mungkin Anda kira?

BACA JUGA: Penarikan Produk Makanan Anjing Populer Dari Peredaran

Poin inti:Teknologi ini dapat meningkatkan akurasi data posisi letak mulai dari 10m hingga 10cmDapat digunakan di pertambangan, konstruksi, penerbangan, pertanian dan industri maritimPeluncuran yang meluas bisa menambah 2 persen terhadap PDBSemua orang Australia akhirnya bisa menggunakan teknologi ini


Lembaga pemerintah federal Geoscience Australia sedang mengujicobakan sebuah sistem satelit baru yang secara signifikan dapat meningkatkan data pemosisian di seluruh Australia.

"GPS yang tersedia saat ini memiliki akurasi lima hingga 10 meter," kata peneliti John Dawson.

BACA JUGA: Australia Bentuk Pusat Pencegahan Kejahatan Pedofilia

"Teknologi yang kami sedang uji akan membawa kinerja pemosisian lebih kecil menjadi sekitar 10 sentimeter." Apa hubungannya dengan kapal pesiar?

Mengurangi margin kesalahan mungkin tidak membuat perbedaan besar bagi orang yang menggunakan peta untuk berkendara dari A ke B, tetapi itu bisa memberikan manfaat besar bagi industri seperti sektor maritim.

BACA JUGA: Sejumlah Forum Pornografi Bagikan Foto Perempuan Australia Tanpa Izin

Salah satu peserta uji coba adalah Ovation of the Seas, sebuah kapal pesiar besar yang telah dilengkapi dengan teknologi baru ini selama masa kunjungannya ke Sydney Harbour yang sibuk.

"Ini adalah kapal terbesar yang kami dapatkan di pelabuhan Sydney, panjangnya 348 meter dan saya kira kapal itu tingginya sekitar 10 lantai, itu Kapal ini tidak akan muat di bawah Harbour Bridge," kata Syahbandar pelabuhan Sydney, Philip Holliday. Photo: Menjelajahi Sydney Harbor membutuhkan akurasi yang tepat.
(Youtube: MADSYD)

"Dan jadi ketika kami mencoba untuk membawa kapal pesiar itu ke daerah Circular Quay yang padat, kami harus sangat akurat dan berhati-hati tentang apa yang kami lakukan.

"Kami tidak punya banyak ruang untuk melakukan kesalahan dalam uji coba ini."

Sejumlah pemandu pelabuhan membantu mengarahkan ratusan kapal pesiar ke pelabuhan Sydney setiap tahun berkat bantuan GPS, tetapi ahli geologi laut Nicole Bergersen mengatakan teknologi yang ada saat ini sangat terbatas.

"Saat ini seorang nakhoda mengandalkan sebagian besarnya di layar komputer untuk kesadaran situasional, tetapi juga untuk melihat keluar melalui kaca depan karena GPS yang kami miliki saat ini tidak sesuai dengan kualitas yang kami butuhkan," katanya.

"Kita harus menempatkan penutup berukuran besar atau koridor pelarangan di sekitar kapal yang tidak bisa dilalui oleh pengguna pelabuhan lainnya. Yang kita aktifkan di sini adalah kemampuan untuk melihat ada satu kapal yang masuk sementara kapal yang lainnya keluar."Jadi, bagaimana cara kerjanya? Photo: Sistem Augmentasi Berbasis Satelit menggunakan data dari satelit global yang ada dan infrastruktur darat untuk meningkatkan akurasi.
(Disediakan: Geoscience Australia)

Teknologi ini disebut Sistem Augmented Berbasis Satelit.

Teknologi ini menggunakan data dari satelit global yang ada, bersama dengan infrastruktur di lapangan, untuk meningkatkan akurasinya.

"Kami mengambil data dari jaringan itu secara real time, menghitung beberapa koreksi yang kemudian kami siarkan melalui satelit komunikasi ke seluruh Australia," kata Dr Dawson.

"Sinyal itulah yang pada akhirnya akan kami transmisikan, jika sinyal ini bergerak dari suatu ruang uji coba ke sesuatu yang lebih operasional, akan dapat dimanfaatkan oleh semua warga Australia.

"Jadi siapa saja yang bergantung pada posisi GPS akan mendapat manfaat."Apa manfaat lain yang bisa dimilikinya?

Industri lain yang mengambil bagian dalam percobaan ini termasuk pertambangan, konstruksi, penerbangan dan pertanian. Photo: Sapi berbaris di sepanjang pagar virtual, yang dikendalikan oleh GPS kalung leher.
(Gambar disediakan: CSIRO)

Apa manfaat lain yang bisa dimilikinya?

Industri lain yang mengambil bagian dalam percobaan ini termasuk pertambangan, konstruksi, penerbangan dan pertanian.

Dia mengatakan peluncuran sistem GPS ini secara luas dapat menambah miliaran dolar terhadap perekonomian Australia.

"Analisis ekonomi awal menunjukkan bahwa jika diterapkan di seluruh ekonomi, mungkin akan membuat perbedaan sebanyak 2 persen terhadap PDB di semua sektor tersebut."Apa yang terjadi pasca uji coba?

Periode pengujian ini akan berlangsung hingga Januari 2019, setelah itu Pemerintah Federal akan membuat keputusan tentang masa depan sistem ini.

"Tidak diragukan, pada titik tertentu dalam waktu dekat kami akan mengadopsi teknologi semacam ini," kata Asisten Menteri Sains Zed Seselja.

"Sekarang kita perlu mengujinya, memastikan sistem tersebut berhasil, dan melihat apa implikasinya, melihat bagaimana sistem itu dapat disempurnakan, dan kemudian tentu saja mengkaji biayanya."

Menteri mengakui Australia telah tertinggal dibandingkan negara-negara lain dalam mengembangkan teknologi navigasi, tetapi mengatakan itu belum terlambat.

"Apa yang kami uji di sini benar-benar canggih, itu adalah teknologi yang tidak digunakan secara luas di mana pun dan jadi jika kami mendapatkan hak ini, kami akan melampaui orang-orang yang mungkin telah sedikit di depan kami di masa lalu. "

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ubah Pohon Tumbang Jadi Karya Seni

Berita Terkait