Australia Kian Membara, 108 Tewas

Senin, 09 Februari 2009 – 09:05 WIB
HEALESVILLE - Api yang membakar semak belukar di tenggara Australia kian tak terkendaliKobaran yang dipicu gelombang panas sampai 47 derajat Celcius dan disertai angin kencang itu semakin banyak menelan korban

BACA JUGA: Sinyal Bahaya Sayap Kanan Israel

Hingga tadi malam (8/2), korban tewas mencapai 108 jiwa dan 80-an orang lainnya dirawat di rumah sakit karena luka bakar.

Selain itu, sekitar 700 rumah di 20 lokasi di wilayah negara bagian Victoria luluh lantak
Menurut Stuart Ord, pejabat Victoria Country Fire Authority, kebakaran kemarin membumihanguskan lahan seluas 1.190 kilometer persegi

BACA JUGA: Ekuador Usir Diplomat AS

''Neraka telah menghampiri orang-orang baik di Victoria dalam 24 jam terakhir,'' kata Perdana Menteri Kevin Rudd kala mengunjungi wilayah bencana kemarin seperti dilaporkan Associated Press.

Amukan api bahkan mampu ''menghapus'' kawasan bekas tambang emas Marysville dari peta
Kota kecil sekitar 130 kilometer utara Melbourne yang berpenduduk sekitar 800 jiwa itu tak berpenghuni lagi

BACA JUGA: Ingin Bantu Adik, Malah Laris Diunduh

Belum ada laporan korban jiwa dari daerah tersebutNamun, menurut polisi lokal, kemungkinan ada korban jiwa dalam lingkaran api''Marysville tak ada lagi,'' kata Brian Cross, seorang polisi senior.

Begitu juga kawasan di distrik dekat KinglakeLahan-lahan pertanian dan sejumlah bangunan di sana juga rata dengan tanah''Rumah kami di sini hilang,'' kata Wayne Bannister, warga Kinglake sambil menyaksikan reruntuhan rumahnya seperti dilansir Sky News.

Menurut Hayden Lane, juru bicara pemadam kebakaran Victoria, setidaknya 640 unit rumah hancurJumlah itu diperkirakan masih bertambah

Ribuan pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan kobaran api di 30 titikAparat militer dikerahkan pula untuk membantu memadamkan apiPerdana Menteri Rudd kemarin mengumumkan segera mencairkan bantuan secepatnya sebesar AUD 10 juta (sekitar Rp 77,8 miliar) bagi para korbanPara pemimpin negara bagian lain juga berjanji mengirim bantuan berupa uang dan tenaga pemadam kebakaranDonasi bantuan publik sudah mulai mengalir lewat jaringan amal yang dibuka mulai kemarin.

Menurut Deputi Komisaris Polisi Victoria Kieran Walshe, suhu di wilayah itu sudah menurun ke titik 25 derajat CelciusNamun, bukan berarti kobaran api ikut menurunPerubahan arah angin bisa saja meniupkan api ke arah yang tak diprediksi(ape/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nizar Tetap Pimpin Rapat di Rumah Dinas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler