Awas, 8 Perlintasan KA di Bandung Tak Berpalang

Minggu, 22 Juni 2014 – 01:15 WIB

jpnn.com - BANDUNG-Menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran 2014, terdapat beberapa faktor yang diperhatikan. Selain armada harus mencukupi, infrastrukturpun harus dibenahi guna menunjang kegiatan musiman ini.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashudi mengatakan dari hasil pemetaan yang dilakukan oleh pihaknya terdapat 8 perlintasan kereta api di Kota Bandung yang tak memiliki palang pintu.

BACA JUGA: Soal Terminal, Duet Bogor Masih Adu Gengsi

"Yang tidak memiliki palang pintu ada 8 perlintasan, tapi itu juga kecil-kecil, hanya perlintasan motor saja," ujar Mashudi seperti dilansir Radar Bandung (Grup JPNN), Minggu (22/6).

Ditambahkannya, meski perlintasan berada di jalan yang tidak besar, namun hal tersebut perlu diwaspadai karena perlintasan kereta tanpa palang kerap memakan korban pengemudi yang masih membandel dengan tidak menuruti anjuran juru lintas.

BACA JUGA: Permisi Beli Rokok, Tahanan Rutan di Aceh Kabur

"Oleh karena itu kita melakukan koordinasi dengan PT KAi tentang masalah perlintasan ini dan sudah dikoordinasikan," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyarankan kepada PT KAI untuk menyediakan petugas atau relawan yang bertugas menjaga disekitar perlintasan tanpa palang pintu tersebut selama arus mudik berlangsung.

BACA JUGA: Serapan APBD Rendah, Gubernur Sumbar Berdalih Sesuai Target

"Kami menyarankan ada relawan (yang menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu) yang digaji PT KAI selama arus mudik," ujarnya.

Sementara itu, menanggapi masukan Kapolrestabes, Manager Humas PT KAI Daop II Bandung Zunerfin mengatakan, bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk menjaga perlintasan kereta api. Kendati begitu dalam melakukan penjagaan perlintasan kereta api tanpa palang pintu, Zunerfin berharap adanya keterlibatan Pemkot Kota Bandung yang juga ikut melakukan penjagaan tersebut.

"Kami telah berkomitmen untuk menjaga perlintasan kereta api yang rawan sesuai dengan UU no 23 tahun 2007 tentang penyelenggaraan perkereta apian. Dalam hal ini perlintasan kereta api yang rawan kami harapkan juga ada penjagaan dari Pemda, artinya Pemda juga ikut terlibat dalam melakukan penjagaan perlintasan yang rawan kecelakaan," tutupnya. (bal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terima Gaji Ganda, Oknum Anggota DPRD dari PKS Dilaporkan ke Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler