Ayah, Tito Mau Tugas, Tolong Doanya...

Kamis, 16 Juni 2016 – 06:00 WIB
Orang tua Komjen Pol Tito Karnavian, H Achmad Saleh dan Hj Kardiah. Meski usianya sudah 78 tahun, tapi Achmad Saleh tetap lancar menceritakan kehidupan masa kecil Tito Karnavian. FOTO:ALFERY IBROHIM/SUMATERA EKSPRES

jpnn.com - PALEMBANG – H Achmad Saleh menceritakan masa kecil Komjen Pol Muhammad Tito Karnavian MH  PhD, calon tunggal kapolri. 

Dari masa kecil hingga masa remaja Tito, Saleh mengatakan, Tito memang anak yang memiliki tekad kuat dan komitmen dalam setiap usaha yang dijalaninya. Bahkan memiliki rasa persaudaraan yang tinggi dengan saudara-saudaranya.

BACA JUGA: Sahuuur, Sahuur...Ah, Jadi Ingat Masa Lalu

“Selain disiplin, Tito juga mandiri.  Dia aktif pramuka di sekolahnya sejak SMP hingga SMA. Tito masuk AKABARI , bersamaan juga lulus masuk univertas lainnya. Seperti masuk UGM, STAN dan Fakultas Kedokteran Unsri. Namun Tito memiliki AKABRI, karena saya ingat betul Tito pernah bilang ke saya, Tito ingin meringankan beban ayahnya," ujar Saleh, saat ditemui Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group) di Jalan Sambu No. 36 Rt 02 Rw 01, Kota Palembang, Sumsel. 

Terhadap Tito, Saleh pernah khawatir.  Bukan khawatir karena penangkapan yang dilakukan Tito terhadap dua gembong teroris Azhari Husein (tahun 2005) dan Noordin M Top (2009),  tapi khawatir ketika Tito bertugas memimpin Polda Papua.   

BACA JUGA: Nasib Pengangkut Sampah, Boro-boro Berharap THR...

“Saya khawatir dengan ancaman sparatis di Papua. Deg-degan, apalagi medan di Papua itu sangat berat. Tapi, Alhamdulillah, dua tahun tugas di Papua selesai juga,”lanjutnya. 

Meski jarang pulang, lanjut Saleh, Tito selalu rutin menanyakan kesehatan dirinya. “Kami juga maklum dengan tugasnya yang begitu banyak,”sambungnya. 

BACA JUGA: Mengenal Puasa Para Leluhur Ternate

Hanya satu pesan Saleh pada anaknya. Yaitu, jalani tugas dengara dengan penuh tanggung jawab. “Tidak usah perdulikan persaingan. Terima apa adanya. Jika diberi amanah, jalani dengan tanggung jawab,”katanya Saleh.  

Sampai saat ini, lanjut Saleh, Tito masih terus berkomunikasi dengan dirinya dan saudara-saudaranya.

“Tito memanggil saya ayah. Tito kalau bertugas selalu izin dan minta doa doa kepada keluarganya. Seperti di Poso, Papua bahkan saat bertugas menangkap teroris. Tito kalau telpon bilang, “Ayah, Tito mau tugas, tolong doanya Yah," ujar Saleh, yang merupakan wartawan senior, pernah  aktif sebagai penulis buku religi Baitullah hingga edisi cetakan ke 19.

Tito Karnavian juga merupakan salah satu alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Palembang.  Dari daftar buku alumni SMAN 2, tertulis nama Muhammad Tito Karnavian. Nomor Daftar Induk : 4191.  

Tito diterima di SMAN 2 Palembang pada 20 Juli 1980. Mengikuti ujian akhir  tahun 1983 dengan nomor ujian : 081. Tito dinyatakan Lulus dengan nomor ijazah No. 11 OC OH 0070410.  Selain Tito, istrinya Tri Suswati juga alumni SMAN 2 Palembang. Baik Tito maupun Sri, sama-sama jurusan IPA. 

Tito Karnavian jadi  salah satu kebangaan SMAN 2 Palembang. Pernah menjadi ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). 

“Dia aktif di organisasi.  Jiwa kepemimpinannya memang sudah terlihat sejak sekolah. Saya benar-benar bangga dengannya, ”kata Budiono, guru olahraga Tito Karnavian di SMAN 2 Palembang. 

Senada juga diungkapkan Emi Simanungkalit, guru Fisika Tito Karnavian di SMAN 2 Palembang.  Menurut Emi, prestasi akademik Tito Karnavian juga bagus. “Dia anak yang cerdas,”kata Emi. 

Seperti diketahui, Tito Karnavian adalah calon tunggal Kapolri yang disodorkan Presiden Jokowi.  Tito Karnavian merupakan lulusan terbaik AKABRI Tahun 1987. Bahkan Tito mendapatkan piagam penghargaan Adhi Makayasa 1987 yang langsung diberikan Presiden Soeharto.

Dalam sejarahnya, pernah ada salah satu Kapolri yang berasal dari Sumsel. Yaitu  Jenderal Pol Mohamad Hasan yang lahir di Muara Dua, Oku Selelatan, 20 Maret 1920 dan meninggal 23 Februari 2005. Mohammad Hasan adalah Kapolri pada tahun 1971-1974.  (vis/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibu Saeni: Saya Masih Waswas, Mau Pulang Kampung Saja..


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler