Badai Salju Lumpuhkan Inggris

Selasa, 03 Februari 2009 – 06:00 WIB
Foto : REUTERS
LONDON - Setelah dihantam badai krisis finansial, kini Inggris diterjang hujan salju terburuk dalam 20 tahun terakhirAkibatnya, berbagai fasilitas umum, terutama moda transportasi, di negeri monarki konstitusional tersebut lumpuh

BACA JUGA: 113 Tewas Terbakar demi Tumpahan Minyak



Sejumlah sekolah tutup
Bandara-bandara utama di negeri Ratu Elizabeth itu membatalkan sejumlah penerbangan

BACA JUGA: Laura Zuniga Tak Terbukti Jadi Ratu Narkoba

Bus dan kereta api tak bisa beroperasi
Otoritas setempat juga mengimbau warga agar menghindari penggunaan kendaraan di jalan raya untuk sementara waktu

BACA JUGA: Mesir Pasang Sensor di Perbatasan

Tak heran, di ibu kota tersebut kemarin (2/2), seperti dilaporkan Reuters, banyak warga setempat menggunakan peralatan ski untuk berjalan-jalanMereka juga memakainya ketika hendak menuju tempat tertentu.

Di Heathrow, bandara tersibuk ketiga di dunia, sejumlah penerbangan dari dan ke bandara yang berlokasi di London itu dibatalkan"Sampai saat ini, tidak kurang dari 250 penerbangan telah dibatalkan," terang juru bicara Bandara Heathrow kemarin.

Fenomena serupa terjadi di bandara terbesar kedua dan ketiga Inggris, Gatwick dan Stansted, yang sama-sama berlokasi di LondonBeberapa bandara lain di wilayah timur laut London bernasib samaBahkan, Bandara Kota London yang terletak tepat di jantung kota harus tutup"Tutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," tulis pengumuman yang terpasang di bandara tersebut.

Hampir seluruh armada bus di London yang biasanya mengangkut 6 juta penumpang setiap hari terpaksa tidak beroperasiCuaca buruk serta kondisi jalan yang licin dan berbahaya menjadi alasan.

Dengan alasan sama, delapan di antara sebelas jalur kereta bawah tanah alias subway London berhenti melayani penumpangKemarin, tercatat hanya tiga jalur subway yang masih beroperasi seperti biasaSementara itu, sebagian besar jalur kereta api biasa memutuskan untuk tidak beroperasi, terutama yang melewati kawasan tenggara Inggris.

Layaknya jalur penerbangan, seluruh rute kereta api yang melintasi London pun dibatalkanBadan Meteorologi Inggris (Met Office) menyatakan, sebagian besar wilayah Inggris, terutama London dan kawasan tenggara, tertutup salju tebalHingga kemarin siang, tercatat ketebalan salju di bagian tenggara mencapai 15 cmKarena itu, Met Office merilis peringatan cuaca buruk ke seluruh wilayah tenggaraSementara itu, selimut salju di London mencapai ketebalan 10 cm.

Mengutip Met Office, Associated Press menegaskan bahwa selimut tebal salju masih akan terjadi di London dan sebagian wilayah Inggris lainSebab, hujan salju diperkirakan masih bakal mengguyur InggrisApalagi, badai salju dari Prancis segera menyapu negeri itu dan kawasan sekitarnya(hep/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemilu di Iraq Berlangsung Damai, Obama Senang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler