Badan Keahlian Optimalkan Fungsi Penunjang Kegiatan DPR

Senin, 16 Mei 2022 – 14:11 WIB
Kepala Badan Keahlian (BK) DPR RI Inosentius Samsul membentuk tim untuk mendukung kegiatan DPR. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Keahlian (BK) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI membentuk berbagai tim yang menunjang berbagai kegiatan di bidang keahlian.

Di antaranya, Tim Kajian atau Info Dwi Mingguan, Tim Pidato, dan Seminar.

BACA JUGA: Komisi VII DPR RI Evaluasi Aturan Larangan Ekspor Pasir Laut di Batam

Hal itu dilakukan demi kelancaran pelaksanaan tugas fungsi DPR RI dalam legislasi, anggaran, dan pengawasan.

"Karena itu, Rapat Koordinasi Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar Badan Keahlian DPR 2022 ini penting dilakukan agar tercipta kelancaran koordinasi dan pelaksanaan tugas di Badan Keahlian," ujar Kepala BK Setjen DPR RI Inosentius Samsul.

BACA JUGA: DPR RI Terkesan dengan Teknologi Nano Milik Iran, Lihat nih

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan sambutan dalam Rakor Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar BK DPR RI 2022 di Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/5).

Tim Kajian atau Info Dwi Mingguan bertugas menyampaikan keterangan pers yang berkaitan dengan kegiatan DPR RI paling sedikit satu kali dalam satu bulan dalam masa sidang.

BACA JUGA: Lili Pintauli Diproses Dewas KPK, Ini Respons Ketua Komisi III DPR RI

Sensi, sapaan akrab Inosentius, menjelaskan, Tim Pidato bagi Pimpinan DPR RI ini menyiapkan berbagai jenis permintaan pidato.

Misalnya, materi untuk kegiatan ilmiah (makalah, keynote speech, orasi ilmiah, kuliah umum/studium generale), sambutan acara kementerian/lembaga, acara kunjungan kerja, materi untuk buku, serta materi untuk talk show.

Sementara itu, Tim Seminar BK bertugas menyiapkan berbagai kebutuhan untuk kegiatan seminar atau diskusi yang berhubungan dengan isu atau kebutuhan alat kelengkapan dewan (AKD) yang diselenggarakan BK.

Kemudian, Tim Evaluasi Kelembagaan yang baru dibentuk untuk penguatan kelembagaan BK.

Berbagai tim dengan kegiatannya tersebut dibentuk agar dapat memenuhi kebutuhan Anggota maupun AKD DPR RI di dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Inosentius mengatakan, diharapkan setiap kebijakan publik, khususnya DPR RI, harus dilandasi riset atau yang disebut dengan Evidence Based Legislative Policy Making.

Dia memandang bahwa setiap anggota tim pelaksana atas berbagai kegiatan yang ada pada badan keahlian memerlukan program kerja yang akan dilakukan serta monitoring dan evaluasi terhadap setiap kegiatan.

"Karena itu, rapat Koordinasi Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar Badan Keahlian DPR RI 2022 penting untuk dilakukan agar tercipta kelancaran koordinasi dan pelaksanaan tugas di Badan Keahlian," tandas Sensi. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler