Bagian Pertarungan Politik Jelang Pilgub

Rabu, 30 Maret 2011 – 19:11 WIB
Foto: Dok. JPNN

JAKARTA -- Kecurigaan adanya rivalitas politik di balik perseteruan nasib kepengurusan PSSI, rupanya tidak semata menyangkut  perebutan pengaruh antara Partai Golkar dengan Partai Demokrat di level nasionalPemerhati persepakbolaan di Makassar, Andi Barlianto Asapa malah menilai, pertarungan politik di balik kisruh PSSI lebih kentara nuansa pertikaian politik menjelang pemilukada gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang digelar 2012 mendatang.

Andi Barlianto menyebutkan, sejumlah nama yang sudah mulai digadang-gadang maju di pilgub Sulsel mendatang antara lain Ilham Arief Siradjudin, yang saat ini masih walikota Makassar

BACA JUGA: Ukraina Persiapkan Pavlik si Gurita

Aco, panggilan Arief, saat ini juga manajer PSM Makasaar, klub yang hengkang dari Liga Super Indonesia (LSI) dan gabung LPI.

Arief, menurut Andi, berhasil merebut jabatan sebagai manajer PSM Makassar, yang sebelumnya dijabat Kadir Halid, yang merupakan adik kandung Nurdin Halid
Arief saat ini juga menjabat sebagai ketua DPD Partai Demokrat Sulsel.

"Nah, Arief ini juga akan maju sebagai calon gubernur, diusung Demokrat

BACA JUGA: Corinthians Tampung Adriano

Sedang Golkar tampaknya akan kembali mengusung Syahrul Yasin Limpo yang juga Ketua DPD Golkar Sulsel
Nurdin Halid sendiri juga sudah ancang-ancang mau maju

BACA JUGA: Persipura Ancam Keluar dari PSSI

Jadi, kisruh PSSI ini merupakan bagian dari pergesekan politik menjelang pilgub," ujar Andi Barlianto Asapa kepada JPNN di Jakarta, Rabu (30/3).

Andi Barlianto menuding, Menpora Andi Alfian Mallarangeng yang juga pentolan Partai Demokrat itu memanfaatkan jabatannya untuk meruntuhkan citra Nurdin HalidAntara lain, dengan langkahnya membekukan kepengurusan PSSI di bawah pimpinan Nurdin Halid.

"Alfian Mallarangeng memanfaatkan isu konflik PSSITidak salah kalau Nurdin menyebut Alfian itu tak pantas jadi menteriGonjang-ganjing yang ada di pusat hanya pertarungan kepentingan semata, untuk kepentingan pilgubTak ada itu untuk kepentingan persepakbolaan nasional," cetusnya.

Dia berharap Andi Mallarangeng bisa menunjukkan kedewasaan berpolitik"Mestinya dia memberikan pelajaran berpolitik dan berdemokrasi yang baik," ujarnyaDia menduga, jika model berpolitik yang saling merusak citra lawan politik terus dikembangkan, maka akan muncul kuda hitam di pilgub SulselSiapa itu? "Bupati Sinjai, yang juga besan Nurdin Halid, Andi Rudianto Asapa," ucapnya(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maung Nafsu Getarkan Jala Arema


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler