Baliho Kampanye Tunggu Penetapan Calon

Rabu, 10 Juni 2015 – 22:33 WIB
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui, kesiapan melaksanakan seluruh tahapan pilkada di 269 daerah belum 100 persen. Pasalnya, meski seluruh regulasi telah siap, anggaran telah ada dan personil penyelenggara telah lengkap, namun logistik belum lengkap.

“Secara keseluruhan kesiapan KPU sudah 75 persen. Karena regulasi, anggaran, personil sudah ada. Tapi logistiknya belum. Tapi kalau untuk menghadapi pencalonan 26-28 Juli, KPU sudah siap. Jadi 25 persen itu masuk dalam kesiapan logistik,” ujar Komisioner KPU Arief Budiman, Rabu (10/6).

BACA JUGA: Pengakuan Komisioner Bawaslu, Ada Parpol Minta Imbalan dari Calon Kada

Menurut Arief, ketersediaan logistik sangat berperan besar dalam pelaksanaan pilkada. Mulai dari bahan kampanye yang disebar kepada masyarakat pemilih, alat peraga kampanye untuk menyosialisasikan kegiatan-kegiatan kampanye, surat suara dan lain sebagainya.

“Untuk (logistik,red) akan diproduksi setelah bakal calon ditetapkan menjadi pasangan calon kepala daerah. Tapi persiapan sekarang sudah mulai. Khusus untuk alat peraga kampanye, itu sudah siap sebelum penentuan pasangan calon. Begitu pasangan calon ditetapkan, tinggal produksi. Artinya gambar pasangan calon, nomor urut visi misi sudah diterima KPU, itu bisa diproduksi,” ujarnya.

BACA JUGA: Tingkat Kelulusan TKI Care Worker Ungguli Pekerja Filipina

Untuk tahapan pemungutan dan penghitungan suara, mantan Komisioner KPU Jawa Timur ini mengatakan, sebagian telah siap. Karena kotak dan bilik suara yang digunakan pada pemilihan presiden Juli lalu, masih dapat digunakan.

“Jadi kami akan memproduksi kekurangannya. Tidak mungkin alat tulis, surat suara dan lain-lain kami gunakan yang lama,” ujar Arief. (gir/jpnn)

BACA JUGA: Seluruh Perangkat KPU Sudah Siap

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditemukan Tewas di Bawah Kandang Ayam, Kasus Angelina Harus Diseriusi Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler