Bang Ara Merasa Bahagia Punya Sahabat Warga Sunda

Jumat, 05 Mei 2017 – 22:44 WIB
Anggota DPR dari PDI Perjuangan Maruarar Sirait dalam acara Pesta Rakyat dan Gelar Seni Budaya Sunda di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (5/5). Foto: YSA/RMOL

jpnn.com, SUMEDANG - Anggota DPR Maruarar Sirait menyampaikan rasa terima kasihnya yang tak terhingga kepada konstituennya di Sumedang, Jawa Barat. Pasalnya, politikus PDI Perjuangan itu merasa diterima oleh masyarakat setempat.

Ara -panggilan Maruarar- terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat IX yang meliputi Sumedang, Majalengka dan Subang. Politikus muda kelahiran Medan, Sumatera Utara itu bahkan sampai tiga kali lolos ke DPR dari dapil Jabar IX.

BACA JUGA: Mahasiswa Minta DPR Fokus agar Angket ke KPK Tak Gaduh

Karenanya, Ara yang berdarah Batak merasa diterima meski sebagian besar masyarakat Sumedang, Majalengka dan Subang merupakan suku Sunda beragama Islam. "Di Sumedang ini saya bertemu dengan banyak sahabat dan saudara muslim yang orang Sunda, yang ramah, toleran, penuh persahaban dan cinta perdamaian," katanya di hadapan ribuan warga yang hadir pada Pesta Rakyat dan Gelar Seni Budaya di Sumedang, Jumat (5/5).

Ara mengunjungi Sumedang dalam rangka menyerap aspirasi konstituen di dapil Jabar IX seiring masa reses DPR. Dalam kesempatan itu, Ara juga menyampaikan kekagumannya pada kesenian dan budaya Sunda tumbuh di Sumedang.

BACA JUGA: Fahri Persilakan Massa Aksi 55 Masuk ke DPR

"Ini artinya warga Sumedang benar-benar menjaga dan melestarikan budaya Sunda, yang  merupakan kepribadian bangsa Indonesia. Warga Sumedang mengamalkan ajaran Trisakti Bung Karno yang salah satunya adalah berkepribadian dalam kebudayaan,” tutur politikus yang jika dikenal sebagai ketua umum Taruna Merah Putih (TMP) itu.

Ada 16 komunitas seniman dan sangar budaya di berbagai kecamatan di Sumedang yang ambil bagian dalam kegiatan itu. Berbagai kesenian tradisional pun ditampilka, seperti calung, jaipong, karinding, sisingaan, reak, pencak silat dan lainnya.(ysa/rmo/jpg)

BACA JUGA: Sinyal PDIP Bakal Koalisi dengan Golkar

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Gulirkan Angket, Oso Pilih Hormati KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler