Bang Saleh Sebut Tindakan Zulhas di Lampung Harus Diapresiasi, Menurut Anda?

Selasa, 12 Juli 2022 – 19:20 WIB
Video Mendag Zulkifli membagikan minyak goreng 'Minyakita' secara gratis dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung viral di media sosial. Zulkifli diduga bagikan minyak goreng sambil kampanye. Foto ilustrasi: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyatakan aksi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) membagikan Minyakita yang sudah dibayarkan Futri Zulya Savitri seharusnya diapresiasi.

Saleh menyebutkan kegiatan itu merupakan agenda partai yang membeli minyak goreng secara swadaya, lalu dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

BACA JUGA: Heboh Zulhas Bagikan Minyak Goreng Sambil Kampanye, Viva Yoga PAN Berikan Penjelasan

"Mestinya kegiatan seperti ini diapresiasi. Niatnya kan membantu masyarakat. Sekaligus menunjukkan kalau pemerintah mampu menurunkan harga minyak goreng. Sementara kita tahu bahwa persoalan minyak goreng telah banyak menyusahkan masyarakat, terutama ibu-ibu," kata Saleh kepada wartawan, Selasa (12/7).

Anggota Komisi IX DPR RI itu menjelaskan kehadiran Zulkifli Hasan dalam acara itu dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PAN, bukan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

BACA JUGA: Yaritza Tantang Kiai Muchtar Mu’thi Ayah Mas Bechi Jombang Buktikan Pernyataannya di Pengadilan

Saleh menyebutkan sebagai ketua umum, Zulhas tentu memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan apa yang dikerjakan untuk masyarakat. 

"Dalam hal ini, beliau diberi waktu yang sangat singkat oleh Presiden untuk menangani minyak goreng dan Alhamdulillah berhasil. Nah, itu yang mau disampaikan ke masyarakat," lanjutnya.

BACA JUGA: Gegara Kasus Mas Bechi, Ruang Rahasia di Pesantren Shiddiqiyyah Jombang Terbongkar, Ternyata

Legislator dari Dapil Sumatera Utara II itu menjelaskan dalam kesempatan yang baik itu Zulhas menjelaskan terkait penurunan harga minyak goreng. 

"Tentu tidak salah, jika pada saat yang sama beliau meminta agar memilih caleg PAN. Dengan begitu, ada kesinambungan program dan perjuangan bagi kepentingan masyarakat," ujarnya.

Saleh meminta masyarakat agar tidak salah tafsir terkait hal tersebut. 

Dia menyebutkan di media sosial, banyak warga net yang menilai acara PAN tersebut dari sudut yang salah.

Namun, dia percaya masyarakat mengerti pesan, semangat, dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan.

Sebelumnya, viral di media sosial, video Mendag Zulkifli membagikan minyak goreng 'Minyakita' secara gratis dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung. 

Dalam potongan video yang beredar, Zulhas yang juga Ketum PAN itu tampak disambut meriah oleh warga setempat.

Awalnya, masyarakat akan membeli minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp10.000 untuk 2 liter. 

Namun, Zulhas meminta warga yang datang untuk membeli tak perlu membayar, sebab minyak tersebut akan dibayar oleh anaknya.

"Nah, uangnya nggak usah diberikan, dikantong saja, dikantongin. Rp 10 ribu yang tanggung Putri (anak Zulhas)," kata Zulhas dalam video tersebut.

Dia secara terang-terangan meminta warga untuk memilih anaknya pada pemilihan kepala daerah nanti. 

BACA JUGA: Buntut Kasus Mas Bechi, Ponpes Shiddiqiyah Jombang Langsung Ditinggal Para Santri

"Diterima dari mba Putri, tepuk tangan dong ibu-ibu gratis, tetapi milih Putri ya, Oke?. Nah, kalau milih Putri nanti tiap dua bulan ada deh ginian (minyak goreng gratis,red)," kata Zulhas.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler