Bang Zul Tiap Hari Sosialisasi Empat Pilar, Kurang Toleran?

Selasa, 08 Agustus 2017 – 19:33 WIB
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat bersilaturrahmi di Pondok Pesantren Baabussalam, Ciburial Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/8). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) tersinggung dengan ucapan Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Victor Bungtilu Laiskodat yang menuduh partainya, Gerindra, Demokrat, dan PKS intoleran serta mendukung khilafah.

Sekretaris Fraksi PAN di DPR Yandri Susanto mengatakan, pihaknya sudah mendengar dan menghormati pembelaan Partai NasDem yang menganggap Victor tidak bersalah.

BACA JUGA: Fahri Hamzah Minta MKD Gerak Cepat Tangani Viktor Laiskodat

Namun, PAN juga meminta NasDem menghormati partai lain termasuk PAN.

"Karena menurut kami pernyataan (Victor) itu sungguh cederai keberadaan PAN di republik ini," kata Yandri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8).

BACA JUGA: Viktor Laiskodat Terancam Dipecat

Dia menegaskan, tuduhan itu sama sekali tidak berdasar. Menurut Yandri, hampir setiap hari Ketua Umum PAN sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan alias Bang Zul sosialisasi empat pilar keliling Indonesia.

"Kalau ada pihak lain katakan PAN tidak toleran, kurang pas. Kami rasa satu-satunya ketum yang gigih sosialisasi empat pilar kebangsaan hari ini ya Ketum PAN Bang Zul," ujar Yandri.

BACA JUGA: Victor Laiskodat Harus Minta Maaf dan Dipecat

Dia mengatakan, masyarakat sudah paham serta bisa siapa yang bersikap toleran dan intoleran.

"Ketum kami sangat toleran, setiap hari sosialisasi empat pilar. Kalau (katakan) PAN intoleran, pro ekstremis harus pandai baca-baca lagi sejarah," katanya.

Yandri menegaskan, PAN ingin persoalan ini diselesaikan dengan asas Pancasila yakni Victor harus meminta maaf.

Jika tidak ada permintaan maaf, tegas Yandri, maka laporan yang sudah disampaikan ke Bareskrim Polri harus ditindaklanjuti.

"Kalau menurut mereka tidak salah, kami minta aparat penegak hukum tegakkan aturan main," tegasnya.

Dia menambahkan persoalan Victor ini tidak akan mengganggu hubungan termasuk koalisi PAN dan NasDem di sejumlah pilkada, termasuk jika bergabung di Jabar.

"Saya rasa tidak mengganggu koalisi karena itu pidato Bang Victor, bukan mengatasnamakan NasDem," tegasnya. PAN terus berkomunikasi dengan partai politik lain. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MUI Imbau Jangan Terprovokasi Pernyataan Victor Laiskodat


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler