Bangun Light Rail Transit untuk Mengurai Kemacetan

Minggu, 30 Oktober 2016 – 14:20 WIB
Proyek tol Bali Mandara, salah satu megaproyek di era Presiden SBY. FOTO: Dok. Miftahuddin Halim/Radar Bali

jpnn.com - DENPASAR - Sebagai pintu gerbang pariwisata Tanah Air, infrastruktur di Bali masih menjadi persoalan pelik yang sulit dipecahkan. Salah satunya, masalah kemacetan yang masih terjadi di mana-mana. Terutama di pusat pariwisata. Problem utamanya adalah konsentrasi pembangunan pariwisata yang cenderung ke Bali Selatan centris.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah pusat berencana membangun megaproyek infrastruktur di Pulau Dewata.

BACA JUGA: Pelabuhan Labuan Bajo Disiapkan untuk Penumpang Wisata

Hal itu terungkap dari paparan Menteri PPN/Kepala Bappenas saat menghadiri rapat koordinasi Bappeda se- Bali di Hotel Prama Sanur Beach Hotel kemarin (29/10) seperti dikutip dari Radarbali.com.

Menurut Bambang, megaproyek kereta api sejenis monorel atau light rail transit (LRT) adalah salah satu yang bakal segera dibangun di Bali untuk mengurai dampak kemacetan di Bali Selatan yang kian tak terkendali.

BACA JUGA: Pemerintah Dorong Perluasan Akses Digital

Detailnya, LRT yang bakal dibangun kelak bakal jadi penghubung kawasan pariwisata di Bali Selatan menuju Bandara Internasional Ngurah Rai sebagai pintu utama keluar masuk Bali.

“Jadi yang dibangun nanti fokus ke transportasi publik, dalam hal ini kereta. Kalau jalan (tol) harus ada pembebasan lahan, dan itu sangat sulit. Sementara kereta bisa mengangkut jumlah orang yang lebih besar dan cepat tanpa halangan,” ujar Bambang.(JPG/feb/mus/fri/jpnn)

BACA JUGA: Garuda Layani Rute Chengdu-Bali Mulai 15 Januari 2017

BACA ARTIKEL LAINNYA... Optimis Nasabah Tumbuh 100 Persen dengan Kantor ala Cafe


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler