Banjir Bandang di Ternate Menewaskan 16 Warga, 3 Masih Dicari

Selasa, 27 Agustus 2024 – 02:00 WIB
Bencana banjir. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Sebanyak 16 orang meninggal dunia pada peristiwa banjir bandang di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Minggu (25/8) pukul 03.30 WIT.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan dari laporan yang diterima pada Senin (26/8), jumlah korban meninggal bertambah.

BACA JUGA: Sinkronisasi Data Korban Galodo Sumbar, BNPB: 61 Orang Meninggal

Sebelumnya korban berjumlah 13, sekarang menjadi 16 orang yang meninggal dunia. Tiga di antaranya masih dalam proses identifikasi.

“Warga yang mengalami luka-luka bertambah menjadi delapan yang sebelumnya dua serta tiga warga hilang masih dalam pencarian,” kata Abdul dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Kepala BNPB Curhat Ongkos Helikopter Water Bombing Rp 200 Juta per Jam

Adapun penambahan kerugian materil yang tercatat, sebanyak 25 unit rumah dan satu unit rumah ibadah rusak berat akibat terjangan banjir.

Abdul mengatakan kondisi terkini, cuaca di Kota Ternate terpantau hujan.

BACA JUGA: Ribuan Keluarga Terdampak Banjir Dapat Bantuan Beras dari BSI Maslahat

Upaya percepatan pendataan kerugian materil dan non materil, pembersihan material banjir, evakuasi warga terdampak serta pencarian tiga warga yang masih dinyatakan hilang, terus diupayakan BPBD Kota Ternate bersama TNI, Polri, Basarnas, relawan dan masyarakat setempat.

“BPBD Kota Ternate sudah mendirikan dua pos pengungsian yang terletak di SMK Negeri 4 Kota Ternate dan SD Negeri 66 Kota Ternate, sehingga bantuan dari berbagai pihak bisa langsung disalurkan ke warga terdampak,” kata dia.

BMKG memperkirakan bahwa potensi hujan dengan sedang hingga lebat masih mungkin terjadi di wilayah Provinsi Maluku Utara khususnya Kota ternate dan sekitarnya.

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada akan banjir susulan yang bisa saja terjadi serta mengikuti arahan dari pihak yang berwenang,” pungkas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... TNI AL Turunkan Tim Siaga Bencana untuk Mengevakuasi Korban Banjir di Gorontalo


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler