Banjir Manado, Kucurkan Dana Rp 3,1 M

Jumat, 17 Januari 2014 – 02:04 WIB
Korban banjir Manado, Sulawesi Utara. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Penanganan pasca bencana dibutuhkan untuk membantu meringankan para korban bencana. Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyiapkan berbagai paket bantuan bagi korban banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara.

”Kemensos segera mengirimkan berbagai paket bantuan untuk penanganan pasca bencana banjir yang melanda Manado, ” kata Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (16/1).

BACA JUGA: Tak Diperhatikan DPR, Penyandang Disabilitas Mengadu ke MPR

Bantuan tersebut berupa kasur lipat atau matras 1.000 lembar, lauk pauk: sardencis, kecap, sambal dan minyak goreng sebanyak 5.000 paket, family kit 1.000 paket, kids ware 1.000 paket, food ware 1.500 paket, peralatan dapur keluarga, 1.500 paket dan sandang 1.500 paket, serta bantuan beras 50 kg.

”Total bantuan yang diberikan mencapai Rp 3.132.278.000, sedangkan untuk permakanan, paket keluarga dan sandang akan dikirim melalui Gudang Regional Buffer Stock yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan,” ujarnya.

BACA JUGA: Akui Pendapat Gus Dur Tak Seluruhnya Diamini PPP

Untuk itu, lanjut Mensos, pihaknya menyiagakan stok bantuan selama dua pekan ke depan masa tanggap darurat sesuai dengan tugas yang diemban. Selain memberikan bantuan, juga penanganan pertama adalah bagaimana cara cepat mengevakuasi warga. Kemensos telah menyiapkan dana Rp 3,1 miliar dari isi gudang yang cukup untuk stok dua pekan. Berbagai paket bantuan tersebut segera dikirim dengan pesawat Hercules.

 ”Kisaran dana Rp 3,1 miliar tersebut adalah nilai yang dihitung mengacu pada harga barang kebutuhan di Gudang Buffer stock, ” tandasnya. (rko)

BACA JUGA: Ada Pemilih Siluman di Pilkada Cirebon

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politikus Hanura Bantah Perintahkan Suap Jaksa Subri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler