Banyak Dikomplain, Polisi Anggap Positif

Kamis, 07 November 2013 – 15:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Penilaian Ombudsman RI yang menempatkan Kepolisian RI mendapat rangking ke dua sebagai instansi yang paling banyak dilaporkan masyarakat terkait buruknya pelayanan instansi dipandang positif oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Imam Sudjarwo.

Imam menilai sangat wajar banyak terjadi komplain dari masyarakat terhadap kinerja Polri. "Kami justru malah menanyakan kalau ngga ada komplain dari masyarakat. Kalau masyarakat pasif, kami malah ngga senang," katanya di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (7/11).

BACA JUGA: Anas Urbaningrum Kecipratan Rp2,21 Miliar

Menurut Imam, semakin banyak aduan masyarakat, berarti kecintaan kepada Polri masih tinggi. "Kita positive thinking bahwa itu merupakan respon positif dari masyarakat tentang pelayanan publik," tandas Imam.

Namun demikian, Imam juga meminta Ombudsman melihat Polri secara utuh sebelum memberikan rekomendasi. Karena Polri merupakan organisasi besar dan tugasnya kompleks.

BACA JUGA: Tak Halangi Kader Muhammadiyah Jadi Politikus

"Di pasal 13 Undang-Undang No. 2 tentang Polri. Pertama (tugas) kita memelihara Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang cakupan tugasnya luas," jelas Imam.

Ditambahkannya, Polri juga sudah melakukan penegakan hukum, melindungi dan menyomi masyarakat secara maksimal mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat paling ujung, tingkat desa dengan satuan kerja 1.200 satuan.

BACA JUGA: Anak Buah Ditangkap KPK, Hartati Ucapkan Terima Kasih

"Itu struktur terbawah langsung pada sentra pelayanan yang bersentuhan dengan masyarakat," paparnya. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyuap Rudi Rubiandini Dijerat Pasal Berlapis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler