Baru 8 Ribu Visa Jemaah Haji Yang Selesai

Senin, 09 Juli 2018 – 17:30 WIB
Jemaah haji Indonesia. Foto: Radar Lampung/JPG

jpnn.com, SURABAYA - Meski keberangkatan calon jemaah haji (CJH) kurang seminggu lagi, baru sebagian kecil visa CJH embarkasi Surabaya yang sudah selesai.

Dari 37.055 jemaah, hanya 8.328 ribu visa yang sudah tuntas. Namun, Kementerian Agama Wilayah Jatim tetap optimistis semua berkas jemaah selesai sebelum kloter terakhir berangkat.

BACA JUGA: Bea Cukai Antisipasi Bawaan Berlebih CJH

Di antara 8 ribu visa yang sudah selesai itu, sebagian telah diterima Kantor Kementerian Agama Wilayah Jatim.

Untuk sisanya, ada yang masih berada di Jakarta dan ada yang masih dikirim ke Surabaya. Dokumen tersebut dibagikan kepada jemaah sesaat sebelum berangkat.

BACA JUGA: 10 Calon Jemaah Haji Terancam Tak Bisa Berangkat

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jatim Faridhul Ilmi menjelaskan, ada 4.381 visa yang sudah diterima Kemenag Jatim. Sisanya sedang diambil di Jakarta.

Dia sudah meminta petugas untuk mengambil berkas tersebut.

BACA JUGA: 145 Ribu Paspor Jemaah Haji Indonesia Mulai Diproses

Farid juga mengatakan, pengurusan visa masih berlangsung. Jumlah dokumen yang sudah selesai terus bertambah. Setiap hari ratusan visa dituntaskan.

Karena itu, dia optimistis visa semua jemaah selesai sebelum pemberangkatan terakhir.

Saat ini dokumen yang dikebut adalah visa kloter gelombang pertama. Lalu, visa jamaah gelombang II diperkirakan sudah jadi saat pemberangkatan gelombang I selesai.

Dokumen yang sudah jadi dikumpulkan Kementerian Agama Wilayah Jatim. Farid menjelaskan, pembagian dilaksanakan di asrama untuk menghindari jamaah yang lupa. Sebab, tidak semua jamaah telaten dengan dokumen paspor dan visa. Dikhawatirkan, dokumen itu tertinggal di rumah atau hilang.

Pembagian dokumen di asrama sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Cara itu sangat efektif. Tidak ada lagi kasus paspor dan visa yang hilang atau tertinggal.

Pemberangkatan perdana calon jamaah haji embarkasi Surabaya dijadwalkan pada 17 Juli.

Kloter pertama berasal dari Situbondo dengan jumlah jemaah 445 orang. Mereka diberangkatkan pada pukul 10.00 dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines nomor penerbangan SV 5211.

CJH yang berangkat melalui embarkasi Surabaya berasal dari Jawa Timur, NTT, dan Bali.

Jumlah jemaah mencapai 37.055 orang. Perinciannya, CJH dari Jawa Timur 35.270 orang, Bali 700 orang, NTT 670 orang, dan sisanya petugas kloter.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya juga terlibat dalam pemberangkatan CJH embarkasi Surabaya.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Sandi Andaryani mulai mengirim anggota ke asrama haji pekan depan. ''Mereka siaga di sana,'' katanya.

Terkait pemeriksaan dari imigrasi Arab Saudi, Sandi mengatakan masih menunggu perkembangan informasi.

Pihaknya berkomunikasi dengan tim yang akan dikirim ke Indonesia. (riq/c7/end/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Calon Jemaah Haji Tak Perlu Cek Imigrasi di Saudi


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler