Batam Terapkan Ujian Masuk PT via Internet

Minggu, 27 Februari 2011 – 03:53 WIB

BATAM - Universitas Putera Batam (UPB) dan STMIK Putera Batam mulai tahun ajaran 2011 ini akan menerapkan tes masuk secara onlineKetua STMIK Putera Batam, Tonny Wangdra mengatakan, dengan cara tersebut calon mahasiswa tidak perlu ke kampus untuk mengikuti ujian masuk.

"Peserta tes masuk cukup online di internet sesuai dengan jam yang sebelumnya ditentukan untuk pelaksanaan tes masuk," kata Tonny seperti dikutip Batam Pos, Sabtu (26/2)

BACA JUGA: RUU Perguruan Tinggi Reinkarnasi UU BHP



Peserta dibebaskan untuk mengakses internet di mana saja berada
Alamat halaman ujian di internet dan jam mulai ujian terlebih dahulu diberitahukan ke calon mahasiswa

BACA JUGA: MRPTNI Bantah Tolak Permendiknas Pemilihan Rektor

Meski demikian tetap akan ada pengawas yang bertindak memoderatori peserta ujian secara online


Hasil ujian pun akan diumumkan melalui internet

BACA JUGA: ISPO, Ajang Gali Potensi Siswa Daerah

"Putera Batam sejak lama menerapkan paperless, penggunaan kertas sudah dikurangi semaksimal mungkin," tambahnya.

Cara yang diterapkan oleh Putera Batam, menurutnya sudah mengikuti pola-pola perguruan tinggi berskala nasional yang berkonsep digitalCara tersebut, tambahnya, terbukti ampuh untuk mengurangi antrean karena semua kegiatan akademik bisa diakses melalui internet.

Untuk memperkuat kesan kampus digital, di lobi kampus baru Putera Batam di kawasan Tembesi disediakan beberapa unit komputer yang terhubung dengan internetKomputer-komputer tersebut bisa dipergunakan secara bebas oleh mahasiswanya.

Putera Batam juga terus mengembangkan perpustakaan digital (e-library) yang sudah diperkenalkan ke publik sejak setahun lalu"Saat ini sudah lebih 40 ribu buku yang diterbitkan di e-library," kata Rektor UPB, Adji Djojo.

Sedangkan perpustakaan kampus memiliki 12.780 bukuDi kampus barunya perpustakaan dibuat di lantai dasar dengan desain menarikDindingnya dibuat dari kaca transparan sehingga rak dan deratan buku bisa terlihat dari luar, serasa masuk ke toko buku terkemukaTiga ribuan mahasiswanya dibebaskan untuk menggunakan perpustakaan untuk membaca atau mencari literatur.(hsl)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Unhan Miliki Pusat Riset Perbatasan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler