Bawa Kapolri ke Pabrik Minyak Goreng, Mendag Peringatkan Para Mafia

Rabu, 16 Maret 2022 – 07:01 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat meninjau langsung pabrik minyak goreng PT. Bina Karya Prima di Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa (15/3). Foto: Humas Divisi Mabes Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi meninjau langsung pabrik minyak goreng PT. Bina Karya Prima di Cilincing, Jakarta Utara.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan ketersediaan hingga produksi minyak goreng memenuhi kebutuhan masyarakat. 

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Presiden Pulang ke Jakarta, Sebuah Petisi Viral Lagi, Airlangga hingga Kapolri Menghadap

Jenderal Listyo akan meninjau secara langsung ke pabrik-pabrik minyak goreng lainnya untuk memastikan ketersediaan stok hingga harga minyak goreng dipasaran sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

"Saya akan melaksanakan pengecekan lagi ke wilayah lain, khususnya menjual minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu sesuai yang ditetapkan pemerintah," kata Listyo, Selasa.

BACA JUGA: Jokowi Sampai Angkat Migor Kemasan di Depan Airlangga hingga Kapolri, Minta Segera Diselesaikan

Dalam tinjaunnya itu, Listyo menyebut laporan pihak produsen telah mendapatkan bahan baku sesuai dengan harga eceran tertinggi.

"Kami langsung bicara dengan para produsen CPO yang memiliki kewajiban DMO. Beliau (produsen) menjual dengan harga sesuai HET Rp14 ribu. Proses produksinya saat ini bisa dua kali lipat dari yang biasanya," kata Listyo.

BACA JUGA: 5 Fakta Terbaru soal Minyak Goreng, Nomor 2 Bikin Ngeri

Dengan harga tersebut, lanjut eks Kabareskrim itu mengatakan pihak produsen masih mendapatkan margin bila menjual minyak goreng sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Pada kesempatan sama, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi mengapresiasi Jenderal Listyo yang ikut memastikan produksi minyak goreng di dalam negeri tersedia.

"Ketika dikerjakan dengan baik sebenarnya bisa jalan. Dalam 28 hari terakhir sudah terkumpul lebih dari 500 juta liter minyak goreng yang ada di masyarakat, meskipun barang harganya belum sesuai, PakKapolri," kata Lutfi.

Lutfi memastikan pihaknya bersama dengan jajaran kepolisian akan bersinergi memutus praktik-praktik mafia minyak goreng yang memanfaatkan situasi demi keuntungan pribadi.

"Kami mau peringatkan terutama mafia-mafia minyak goreng yang berusaha untuk mendapatkan keuntungan sesaat, kami datang dan tertibkan, kami sikat bersama," tutup Lutfi. (cr3/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolri dan Mendag Lutfi Mengecek Pabrik Minyak Goreng di Jakarta Utara, Ini yang Ditemukan


Redaktur : Adil
Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler