Bawaslu Ditantang Ganti Anggota KPU

Jumat, 23 Januari 2009 – 13:59 WIB

JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nur Hidayat Sardini mengaku sangat khawatir terhadap proses penyelenggaraan pemilu 2009Dia pesimis jadwal pemilu legislatif dan pilpres bisa dilaksanakan tepat waktu

BACA JUGA: Jenis Contrengan Harus Disepakati

Nur mengaku, rasa pesimisnya makin menguat setelah dirinya mendengar langsung keluhan sejumlah penyelenggara pemilu di tingkat daerah, yakni KPUD.

Pada pekan lalu, Nur telah melakukan lawatan kerja ke sejumlah daerah di Sumatera, yakni Medan, Nangroe Aceh Darusalam, dan Riau
"Mereka justru mempertanyakan bisa tidaknya jadwal pemilu terpenuhi

BACA JUGA: Chusnul : Mestinya Pileg Februari

Kalau penyelenggaranya saja tidak yakin, ya itu pertanda buruk yang memperkuat kekhawatiran publik," ujar Nur Hidayat di diskusi bertema Potensi Sengketa Pemilu di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan, Jumat (23/1).

Dia mengatakan, mestinya KPU di Jakarta bisa memberikan panduan yang jelas kepada seluruh elemen penyelenggara pemilu
Pernyataan Nur ditanggapi oleh mantan anggota KPU Chusnul Mari'yah

BACA JUGA: Tangani Sengketa Pers, MA Dahulukan UU Pers

Mestinya, Nur sebagai Ketua Bawaslu tidak boleh hanya berkomentar sajaBawaslu punya kewenangan besar, antara lain meminta pergantian anggota KPU kalau memang dianggap tidak mampu bekerja.

"Bawaslu bisa mengusulkan pergantian anggota KPU ke PresidenKewenangan itu ada pada BawasluJadi jangan hanya mengkritik," ujar Chusnul dengan nada sengit(sam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Popularitas Jeblok, JK Garap Jawa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler