BAZNAS Microfinance Desa Bantu Mustahik Mengembangkan Usaha

Kamis, 19 Januari 2023 – 22:22 WIB
BAZNAS Microfinance Desa Bantu Mustahik Mengembangkan Usaha. Foto: dok. Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya membantu para mustahik pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usaha.

Salah satunya dengan meluncurkan program BAZNAS Microfinance Desa (BMD) di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (19/1).

BACA JUGA: Baznas Riau Ungkap Upaya Gubri Syamsuar Mengajak Masyarakat Berzakat

Pimpinan BAZNAS RI Prof. (HC) Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec mengatakan, BMD merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan.

Selain itu, guna membantu masyarakat dalam bidang ekonomi, termasuk terbebas dari jerat rentenir.

BACA JUGA: BAZNAS dan LAZNAS Bersinergi Perkuat Pengelolaan Zakat Nasional

"Melalui program ini, para mustahik dapat diberikan pinjaman modal tanpa bunga," ujar Zainulbahar dalam keterangannya.

Konsep social engineering yang dilakukan BAZNAS melalui BMD adalah upaya untuk mentransformasikan dan intervensi demi tujuan bersama, yakni mengentaskan kemiskinan, serta mendorong mustahik menjadi Muzaki.

BACA JUGA: 3.384 Mahasiswa Terima Beasiswa MDJ Dari Baznas Bazis DKI

"Jadi, ada namanya ekstensifikasi mustahik. Semua sektor kami berdayakan, kami intervensi supaya terjadi percepatan di dalam prosesnya," katanya.

Zainulbahar berharap dengan hadirnya BMD di Tangerang, dapat memperkuat permodalan dan memberikan layanan pengembangan serta penguatan modal sosial bagi masyarakat. Sehingga para pelaku usaha mikro di sana dapat tumbuh, berkembang, dan berkah.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Dr. H. Aziz Gunawan, MM, mengatakan program BMD ini akan bermanfaat bagi para mustahik pelaku usaha mikro.

"Kami harapkan dengan program BAZNAS BMD ini dapat membantu para mustahik di Tangerang untuk menjalankan dan mengembangkan usaha mereka,” ujarnya.

Dengan diresmikannya BMD Tangerang, maka turut menambah daftar BAZNAS Microfinance Desa yang tersebar di berbagai provinsi, antara lain Jawa Barat, Sumatera Barat, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Aceh, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler